Warisan Budaya Dunia 'Noken' Tas dari Papua Ini Sedang Menjadi Google Doodle

- 4 Desember 2020, 21:04 WIB
 Tas Noken Jadi Google Doodle Hari Ini
Tas Noken Jadi Google Doodle Hari Ini /google doodles

KABAR BESUKI - Hari ini Google Doodle mengejutkan netizen Indonesia, pasalnya terdapat gambar orang Papua membawa tas Noken, dan menggambarkan alam Papua yang indah.

Terlihat Rumah adat Papua digambar tersebut, dengan beberapa orang yang sedang berjalan membawa tas Noken.

Sangat bangga, karena ini salah satu cara mengenalkan Indonesia lebih tepatnya di Provinsi Papua supaya lebih dikenal dunia.

Baca Juga: Emtek Kembali Siarkan MAMA 2020, Kali Ini Ada Live Streaming Secara Berbayar

Pada gambar tersebut, terlihat pemandangan yang sangat asri, dan damai, tidak ada perpecahan.

Asal mula Tas Noken ini sendiri asli dibuat oleh mama-mama di Papua. Tas tradisional Noken memiliki simbol kehidupan yang baik, perdamaian, dan kesuburan bagi masyarakat di tanah Papua terutama kebanyakan di daerah Pegunungan Tengah Papua.

Yang menarik dari Noken ini adalah hanya orang Papua saja yang boleh membuat Noken. Para wanita di Papua sejak kecil sudah harus belajar untuk membuat noken, karena membuat Noken dari dulu hingga saat ini dapat melambangkan kedewasaan si perempuan itu. Karena jika perempuan papua belum bisa membuat Noken dia tidak dianggap dewasa dan itu merupakan syarat untuk menikah. Noken dibuat karena suku-suku di Papua membutuhkan wadah yang dapat memindahkan barang ke tempat yang lain.

Baca Juga: Unggah Foto Ala Prewedding, Gading dan Aril Tatum Tuai Respon Positif dari Netizen

Noken terbuat dari bahan baku kayu pohon Manduam, pohon Nawa atau Anggrek hutan dan masih banyak lagi jenis pohon yang umum digunakan. Masyarakat Papua biasanya menggunakan Noken untuk bermacam kegiatan, Noken yang berukuran besar (disebut Yatoo) dipakai untuk membawa barang seperti kayu bakar, tanaman hasil panen, barang-barang belanjaan, atau bahkan digunakan untuk menggendong anak.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Wikipedia


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x