4 Alternatif yang Bisa Kalian Pilih Setelah Lulus SMA di Tahun 2021, Nomor 4 Patut Dipertimbangkan

- 3 Januari 2021, 19:22 WIB
Ilustrasi pendidikan dan karir
Ilustrasi pendidikan dan karir /Pixabay

KABAR BESUKI – Ketika duduk di bangku kelas 12 atau akan segera lulus dari SMA, banyak orang dihadapkan pada kebingungan untuk menentukan langkah demi meraih masa depan yang akan ditempuh.

Banyak alasan yang membuat hal tersebut terjadi seperti belum menemukan jati diri, tidak mengetahui bakat yang dimiliki, faktor keluarga (terutama orang tua), teman, sahabat, pacar, kesehatan, dan lain-lain.

Akan tetapi, orang-orang yang mengalami kebingungan tersebut lebih banyak disebabkan faktor finansial, karena bagaimanapun masalah finansial sangat membantu merealisasikan keinginan seseorang.

 Baca Juga: Ramalan Zodiak Senin, 4 Januari 2021: Leo Waktu Ideal dan Virgo Berubah Pikiran

Secara umum, lulusan SMA belum dapat mandiri secara finansial. Sedangkan orang tua tidak selamanya bisa menafkahi anak terus-menerus karena dimakan usia.

Ada beberapa alternatif yang bisa kalian pertimbangkan ketika lulus dari SMA.

  1. Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Ini merupakan alternatif paling ideal, namun juga memerlukan pendanaan yang tidak sedikit. Biaya kuliah juga bergantung pada program studi maupun lembaga yang menjadi tujuan pendidikan selanjutnya.

Banyak orang tua beranggapan, dengan menempuh pendidikan setinggi mungkin diharapkan anak akan memperoleh pekerjaan dengan penghasilan yang setimpal.

Akan tetapi, saat ini banyak perusahaan yang memilih untuk tidak membuka lowongan pekerjaan baru dikarenakan pandemi Covid-19 yang juga berdampak pada sektor perekonomian nasional bahkan dunia.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini

x