Fenomena Langka, Bulan Purnama Akan Sejajar di Atas Ka’bah Pada 28 Januari 2021

- 25 Januari 2021, 23:28 WIB
Ilustrasi gerhana bulan purnama.
Ilustrasi gerhana bulan purnama. /pixabay.com/caiostefamasca

KABAR BESUKI – Fenomena langka bulan purnama akan terjadi di atas ka’bah.

Bulan purnama akan sejajar tepat di atas Ka'bah di Mekkah Arab Saudi pada Kamis, 28 Januari 2021. Hal ini diungkapkan oleh para astronom.

Dilansir dari laman Alarabiya, Fenomena langit langka ini akan terjadi pada hari Kamis pukul 12:43 waktu setempat.

Baca Juga: Bahaya, Ternyata Menyalakan Kipas Angin Salah Satu Risiko Tetular Covid-19

Pada jam itu, masyarakat Mekkah akan dapat melihat dengan mata telanjang bulan purnama yang muncul secara vertikal di atas Masjidil Haram.

"Bulan akan terbit bersamaan dengan matahari terbenam dari ufuk utara / timur laut, dan terbenam di ufuk utara / barat laut. Ini berarti ia akan mensimulasikan jalur tinggi matahari musim panas setelah enam bulan melintasi langit malam", kata Majed Abu Zahira, presiden Asosiasi Astronomi Jeddah, dalam wawancara dengan Al Arabiya.

Menurut Abu Zahra, bulan purnama akan sejajar dengan Ka'bah pada 12:43:34 waktu setempat pada ketinggian 89,57,46 derajat dan piringannya diterangi sepenuhnya sebesar 99,9 persen pada jarak 381,125 km dari bumi.

“Bulan akan tetap terlihat di langit selama sisa malam sampai terbenam dengan terbitnya matahari Jumat,” ujar Abu Zahra seperti dikutip dari laman Alarabiya pada Senin, 25 Januari 2021.

Baca Juga: Akibat Rekam Video TikTok, Seorang Remaja Tewas Tertabrak Kereta Api

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: english alarabiya


Tags

Terkini

x