2 Gejala Aneh Ini Bisa Berarti Anda Sudah Pernah Mengidap COVID-19

- 30 Januari 2021, 23:24 WIB
Vaksinisasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan. Foto: Ahmad Mukti
Vaksinisasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan. Foto: Ahmad Mukti /

KABAR BESUKI - Pasien yang mengalami gejala COVID-19 jangka panjang, dan beberapa dari apa yang mereka temukan sejauh ini mungkin mengejutkan Anda.

Di luar gejala virus corona yang lebih dikenal seperti batuk, demam, kelelahan, dan kehilangan sensorik, beberapa pasien mengalami gejala yang jauh lebih intim dan jarang dibicarakan.

Ternyata, baik pria maupun wanita telah melaporkan efek pada sistem seksual dan reproduksi mereka setelah infeksi COVID: khususnya, beberapa wanita dengan COVID yang lama telah mengalami perubahan menstruasi, dan pria telah melaporkan disfungsi ereksi (DE).

Baca Juga: Anda Bisa Tertular COVID-19 dengan Cara Baru Ini, Pasien dengan Cara yang Belum Pernah Terjadi Selama Pandemi

Salah satu yang paling awal untuk mengonfirmasi ED sebagai gejala virus corona. Para peneliti tersebut menemukan tren dalam literatur yang menunjukkan bahwa pasien COVID laki-laki lebih mungkin mengalami hipogonadisme suatu kondisi di mana organ seks seseorang melepaskan sedikit atau tidak ada hormon seks dibandingkan mereka yang tidak memiliki COVID.

"Apakah keadaan hipogonadisme ini permanen atau sementara adalah pertanyaan yang sejauh ini belum terjawab," jelas para peneliti.

Mereka juga mencatat jumlah sel Leydig yang lebih rendah, yang ditemukan di testis. Ini menjaga saluran reproduksi pria, membantu produksi testosteron, dan bertanggung jawab untuk spermatogenesis, pembentukan sperma.

Para peneliti berhipotesis bahwa penekanan testosteron "mungkin menjadi salah satu alasan untuk perbedaan besar dalam hal angka kematian dan rawat inap antara pria dan wanita dan mungkin juga menjelaskan mengapa SARS-CoV-2 paling sering menginfeksi pria tua".

Baca Juga: Cha Eun Woo ASTRO Memiliki Kemistri dengan Lawan Pemain 'True Beauty'

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini