Apa Bisa COVID Ditularkan Melalui Makanan? Ternyata Ini Faktanya!

- 1 Februari 2021, 11:51 WIB
Ilustrasi orang makan
Ilustrasi orang makan /RyanMcGuire/Dok. Pixabay.com/RyanMcGuire

KABAR BESUKI - Di masa pandemi corona atau COVID saat ini, tentunya menjadi ke khawatiran tersendiri bagi seluruh orang di seluruh belahan dunia.

Banyak gejala-gejala tertentu yang disebabkan oleh COVID. Pada umumnya, gejala batuk, demam, hilangnya indra penciuman dan lain sebagainya.

Lantas, apakah melalui makanan COVID bisa tertularkan? Menurut CDC, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa COVID dapat menyebar melalui penanganan atau konsumsi makanan.

Karena COVID adalah virus yang menyelimuti, virus akan mati di luar tubuh, sehingga penularan COVID melalui makanan sangat tidak mungkin terjadi.

Baca Juga: Harga Mobil Bekas Murah Meriah Hanya Rp60 Jutaan, Cek Spesifikasinya!

Paling baik,  menghindari makan di dalam ruangan, menyiapkan makanan Anda di rumah, dan cuci tangan serta hasilkan.

Meskipun penularan COVID melalui makanan sangat kecil kemungkinannya, praktik terbaik adalah menjaga kebersihan tangan. Jika Anda menyiapkan makanan di rumah, cuci tangan dengan sabun dan air hangat setidaknya selama 20 detik sebelum menangani makanan. 

Jika Anda berpikir untuk makan di luar rumah, pertimbangkan untuk membuat makanan di rumah atau memesan makanan untuk dibawa pulang untuk menghindari kontak dengan orang lain. 

Menurut Wiedmann, profesor keluarga Gellert dalam keamanan pangan di Cornell University di New York mengatakan meskipun suhu yang lebih dingin memperlambat inaktivasi COVID, bukan berarti makanan beku harus menjadi perhatian. Virus yang tidak aktif tidak dapat berkembang biak atau menyebabkan penyakit yang ingin mereka ciptakan. 

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Very Well Health


Tags

Terkini