Peneliti Temukan Antibodi di Plasenta Wanita Hamil yang Terinveksi COVID

- 2 Februari 2021, 21:53 WIB
Ilustrasi plasenta
Ilustrasi plasenta /pixabay.com/sbtlneet

KABAR BESUKI - Banyak penemuan baru tentang virus COVID, mulai dari gejala serta rangkaian pencegahannya.

Baru-baru ini, tim peneliti dari Children's Hospital of Philadelphia dan University of Pennsylvania Perelman School of Medicine, telah menemukan antibodi SARS-CoV-2 di plasenta beberapa wanita yang dites positif COVID selama kehamilan mereka. 

Dalam makalah mereka yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association , kelompok tersebut menggambarkan temuan mereka setelah memeriksa beberapa wanita hamil yang telah terinfeksi COVID dan plasenta yang dilahirkan bersama bayi mereka.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cinta Besok Rabu, 3 Januari 2021: Aries Berharap dan Aquarius Perasaan Muncul Lagi

Adanya virus COVID yang semakin mewabah di berbagai belahan dunia, para ilmuwan berusaha keras untuk lebih memahami apa yang dilakukan virus SARS-CoV-2 terhadap para korbannya. Salah satu bidang yang menjadi perhatian adalah wanita hamil.

Hal ini menunjukkan bahwa mereka lebih berisiko mengalami gejala serius daripada populasi umum. Disisi lain, juga menjadi perhatian adalah apa yang terjadi pada bayi mereka, baik selama kehamilan maupun setelah melahirkan. 

Dalam upaya baru ini, para peneliti memeriksa plasenta yang dikirim oleh 1.470 wanita yang terinfeksi SARS-CoV-2. Tim mencari keberadaan virus dan antibodi yang muncul sebagai bagian dari tanggapan kekebalan. 

Para peneliti menemukan antibodi SARS-CoV-2 di 83 plasenta. Penemuan ini menunjukkan bahwa kemungkinan besar antibodi sampai pada bayi, memberi mereka perlindungan terhadap virus.

Baca Juga: Semprotan Hidung Ini Sangat Ampuh Efektif Melindungi Diri dari COVID

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Medical News Today


Tags

Terkini