Benarkah E-Book Lebih Baik dari Buku? Simak Keunggulan dan Kelemahannya

- 4 Februari 2021, 21:04 WIB
E-book vs Buku
E-book vs Buku //Pixabay

KABAR BESUKI - Manusia memiliki kemampuan untuk membaca tulisan dan mempelajari kandungan di dalam tulisan tersebut. Manusia telah mengenali tulisan dan bahasa bahkan sebelum diciptakannya buku.

Buku merupakan sarana yang digunakan manusia sejak sebelum masehi. Buku umumnya berupa lembaran-lembaran berisi tulisan yang disatukan yang kemudian dibaca sampai halaman terakhir.

Di era modern saat ini, membaca tidak hanya bisa diakses dari buku, tetapi juga melalui media elektronik dan lebih mudah daripada membawa tumpukan buku. Kemudahan tersebut bisa didapatkan dari e-book.

Baca Juga: Jadwal Liga Spanyol 6-10 Februari 2021 Live di Bein Sports, Real Madrid Bakal Main Dua Kali

E-book, adalah salah satu cara yang bisa digunakan setiap orang untuk membaca buku melalui perangkat pintar, dimanapun dan kapanpun. Bahkan terdapat perangkat khusus untuk membaca e-book dan sudah banyak judul buku digital yang dijual online.

Lalu timbul lah pertanyaan di masyarakat umum, manakah di antara keduanya yang lebih baik?. Dilansir dari investopedia, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Keunggulan dari buku ialah perasaan yang didapatkan saat membuka kemasan buku, aroma buku, membalik kertas, dan memiliki bentuk fisik, yang tidak akan bisa didapat dari e-book.

Namun buku tidak selalu bisa dibawa kemana saja, terutama buku yang tebal dan apabila membawa buku lebih dari satu, akan lumayan merepotkan. Buku juga bisa mengalami kerusakan seperti sobek, basah, hangus, karena sifatnya yang berupa fisik.

Baca Juga: Awas! Terlalu Sering Mandi Air Panas Dapat Menyebabkan Hal Ini

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Investopedia


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x