Rawan Peretasan Akun, 3 Media Sosial ini Mengambil Tindakan Tegas

- 5 Februari 2021, 10:28 WIB
Rawan Peretasan Akun, 3 Media Sosial ini Mengambil Tindakan Tegas
Rawan Peretasan Akun, 3 Media Sosial ini Mengambil Tindakan Tegas /Pexels/(pixabay)

KABAR BESUKI - Media sosial Instagram menghapus ratusan akun hasil retas yang dijual dengan harga cukup tinggi, disusul oleh Twitter dan TikTok yang mengambil tindakan terkait praktik serupa. Termasuk orang-orang di balik akun dengan aktivitas ini.

Seorang juru bicara Facebook mengatakan, orang-orang yang terlibat dalam praktik melanggar aturan serta peretasan ini adalah tokoh terkenal dalam komunitas yang dikenal sebagai OGUsers.

Dilansir kabar besuki dari laman reuters, komunitas tersebut memperdagangkan nama pengguna yang diinginkan untuk situs web populer dari Twitter Inc ke Netflix untuk mendapatkan uang dan kekuasaan.

Baca Juga: Jadwal RCTI dan GTV 5 Februari 2021: Ada The Voice Kids Indonesia, Ikatan Cinta, dan Liga Italia Serie A

Nama pengguna, yang bisa dijual seharga puluhan ribu dolar, seringkali merupakan kata-kata pendek yang dihargai karena kelangkaannya, seperti @food atau huruf seperti @B.

Perusahaan media sosial termasuk Instagram milik Facebook memiliki aturan yang melarang penjualan akun.

Orang-orang yang dituduh terlibat dalam peretasan besar Twitter tahun lalu, ketika banyak akun VIP dibajak, juga memiliki hubungan dengan praktik ini dan forum OGUsers online.

Ini adalah pertama kalinya Facebook membagikan tindakan penegakannya tentang aktivitas ini, meskipun dikatakan telah menghapus akun untuk praktik ini secara berkelanjutan.

Twitter Inc dan aplikasi video pendek TikTok juga mengatakan mereka baru-baru ini mengambil tindakan terhadap OGUsers karena melanggar aturan mereka.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Reuters.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah