Ketiak Sering Basah atau Tangan Berkeringat Jika Berjabat Tangan? Mungkin Anda Alami Kondisi Ini

- 6 Februari 2021, 20:41 WIB
Ilustrasi ketiak
Ilustrasi ketiak /freepik.com/jcomp

KABAR BESUKI – seseorang pasti pernah punya pengalaman tangan basah saat menjabat seseorang? Atau ketika olahraga, badan menjadi basah kuyup?

Setiap manusia memang normal ketika mengeluarkan keringat, dan bukanlah sesuatu yang buruk. Karena, dengan berkeringat, manusia dapat mengatur suhu tubuh.

Dilansir dari Reader’s Diggest, Debra Jaliman, assisten profesor dermatolohi di New York mengatakan bahwa, saat suhu tubuh manusia memanas, keringat akan keluar melalui kulit, kemudian menguap untuk mendinginkan suhunya kembali.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Link YouTube MV ‘Obliviate’ oleh Lovelyz, Tersedia dalam Romanji dan Hangul

Semakin panas suhu tubuh seseorang, misal setelah olahraga, atau stress berlebih, semakin banyak pula keringat yang dikeluarkan.

Kegiatan pada saraf juga salah satu pemicu dalam memproduksi keringat, itulah sebabnya ketika seseorang sedang gugup, tangan akan terasa lembab dan berkeringat.

Setiap orang mengeluarkan jumlah keringat yang berbeda, hal ini tergantung pada DNA masing-masing. Jaliman berpendapat, ”Gen setiap orang yang menentukan berapa banyak kelenjar keringat yang dimiliki. Pada umumnya manusia memiliki dua hingga empat juga."

Tetapi perlu diketahui bahwa kelenjar keringat tidak menentukan banyaknya keringat yang dikeluarkan.

Seseorang yang mempunyai kelenjar lebih sedikit, dapat mengeluarkan keringat setara dengan seseorang yang mempunyai kelenjar lebih banyak.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: RD.com


Tags

Terkini

x