Dua ABK WNI yang Disandera di Libya Akhirnya Dibebaskan, Sudah Ditangkap Sejak Beberapa Bulan Lalu

- 12 Februari 2021, 21:38 WIB
Duta Besar RI untuk Italia mengantar 2 WNI yang disandera dari Bandara Leonardo da Vinci, Roma
Duta Besar RI untuk Italia mengantar 2 WNI yang disandera dari Bandara Leonardo da Vinci, Roma ///Antara

KABAR BESUKI – Dua orang WNI yang merupakan ABK (Anak Buah Kapal) MP Antartide, Italia, berhadil dibebaskan dan akan segera kembali ke Indonesia.

Kedua orang tersebut adalah Moh. Samsudin dan Giri Indra Gunawan. Mereka disandera oleh golongan separatis di Libya yang bernama Libyan National Army yang letaknya di Benghazi.

Penyanderaan tersebut terjadi pada awal bulan September tahun lalu. KBRI Roma yang mengetahui hal tersebut kemudian berkoordinasi dengan berbagai pihak.

Baca Juga: Diduga Bertengkar Kini Pertemanan Andre Taulany dengan Sule Merenggang, Sule: Mungkin, Bisa Jadi ke Situ Sih

Untuk mengupayakan pembebasan serta akses kekonsuleran terhadap dua ABK tersebut, KBRI juga bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Italia.

Walaupun butuh proses yang tidak mudah, namun KBRI mendpatkan informasi bahwa kondisi kedua ABK dalam kondisi sehat dan terjamin keselamatannya.

Seluruh awak kapal MP Antartide akhirnya berhasil dibebaskan oleh Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte pada 17 Desember 2020.

"Kami sampaikan terima kasih atas bantuan KBRI Roma dalam memfasilitasi pembebasan kami berdua, hingga membantu proses administrasi pemulangan dengan pemberi kerja dan otoritas di Mazara del Vallo. Kami selama di Italia sehat, dan (pihak Italia) memperlakukan kami dengan baik,” kata kedua ABK tersebut sebagaimana dikutip oleh Kabar Besuki dari Antara.

Seluruh awak kapal diperbolehkan kembali ke Italia dan tiba di Mazara del Vallo, Sisilia, pada Desember 2020.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah