KABAR BAIK, Aktivitas Erupsi Gunung Raung Kembali Mengalami Penurunan Hari Ini

- 14 Februari 2021, 18:08 WIB
Aktivitas Gunung Raung
Aktivitas Gunung Raung /PVMBG Gunung Raung Banyuwangi

KABAR BESUKI- Aktivitas vulkanik Gunung Raung kembali menurun. Selain kegempaan yang sudah dominan pada amplitudo 1 mm, material abu vulkanik sudah tidak keluar secara terus menerus. Sementara suara gemuruh dan pantulan cahaya api imbas aktivitas erupsi juga mereda.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo mengatakan, hari ini abu vulkanik yang keluar dari Gunung Raung terpantau tipis hingga sedang. Arah angin membawa abu ke timur dan timur laut.

“Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 300-500 meter di atas puncak kawah,” jelas Mukijo, Minggu 14 Februari 2021.

Baca Juga: Waspada! Ternyata Boba Tea Sangat Buruk untuk Tubuh, Begini Penjelasannya

Dia menambahkan, abu vulkanik Gunung Raung saat ini hanya keluar sesekali saja. Abu hanya keluar dengan durasi waktu yang tidak bisa dipastikan. Begitu pula pantulan cahaya api dari asap tak nampak. Suara gemuruh pun juga tidak terdengar. 

“Paling tidak setengah jam sekali. Suara gemuruh sudah tidak terdengar lagi. Begitu juga cahaya api sudah tidak tampak lagi sejak tadi malam,” bebernya.

Baca Juga: Sering Disepelekan! Ternyata Minum Air Putih Bahaya Bahkan Bisa Keracunan

Untuk kegempaan, menurutnya sejak 12 Februari 2021 amplitudonya sudah dominan 1 mm. Kalaupun ada fluktuasi, tremor yang terjadi naik turunnya antara 1 – 4 mm. 

Kondisi ini, menurutnya bisa menggambarkan kondisi erupsi Gunung Raung secara keseluruhan sudah mereda. 

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x