Jokowi Resmikan Bendungan Tukul yang ada di Kampung Halaman SBY: Bisa Digunakan Hampir 600 Hektar Sawah

- 14 Februari 2021, 20:55 WIB
Potret Presiden Jokowi saat meresmikan bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan
Potret Presiden Jokowi saat meresmikan bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan /Twitter @JOKOWI/

KABAR BESUKI - Tanggal 14 Februari 2021, Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tukul yang berada di tanah kelahiran mantan Presiden Susila Bambang Yudhoyono (SBY), di Pacitan, Jawa Timur.

Presiden Joko Widodo berserta dengan rombongan yang turut dihadiri juga oleh Gubernur Jawa Timur dan Bupati Pacitan meresmikan bendungan ini.

Dalam peresmian yang ditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti tersebut, Jokowi mengingatkan bahwa Bendungan Pacitan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat Pacitan.

Baca Juga: Mengejutkan! Banjir Darah Sampang Hingga Libatkan Bupati dan Pihak Kepolisian

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Bendungan Tukul di Pacitan, Provinsi Jawa Timur, saya resmikan hari ini," tutur Presiden Joko Widodo, dalam akun Youtube Sekretariat Presiden.

"Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur ini merupakan bendungan yang memiliki peran yang sangat penting untuk mengairi sawah, mengelola banjir, penyediaan air bersih, dan sebagai air irigasi," sambung Kepala Negara tersebut.

"Dengan kapasitas tampungan sebesar 8,7 juta meter kubik, bendungan ini dapat dimanfaatkan oleh hampir 600 hektar sawah yang dapat meningkatkan indeks pertanian sebanyak 2 kali lipat," lanjutnya.

"Semoga Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dapat memanfaatkannya sehingga bisa memperkuat ketahanan pangan dan menjadi nilai tambah bagi daerah dan masyarakat," tutupnya.

Baca Juga: Bongkar Perilaku Tersembunyi Suami, Nindy Ayunda: Sudah Saatnya Tunjukan Siapa Mereka

Terakhir, Jokowi berharap Bendungan Tukul dapat menjadi infrastruktur yang dapat memperkuat ketahanan pangan dan air dan dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dengan sebaik-baiknya.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @movreview PMJ News


Tags

Terkini

x