Teliti Dulu Sebelum Anda Menyesal! Ini 4 Tips Jitu Memilih Perguruan Tinggi dengan Baik dan Tepat Sasaran

- 16 Februari 2021, 13:35 WIB
Ilustrasi Kampus. /PIXABAY
Ilustrasi Kampus. /PIXABAY /

KABAR BESUKI – Apakah Anda merupakan siswa kelas 12 SMA atau sederajat yang akan segera melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi? Jika ya, Anda perlu membaca artikel ini hingga selesai.

Menurut sebuah penelitian dari Indonesia Career Center Network (ICCN), sebanyak 87 persen mahasiswa mengaku salah jurusan setelah menjalani masa perkuliahan selama satu hingga dua tahun pertama.

Akibat salah jurusan, kebanyakan dari mereka mengalami masalah selama menjalani perkuliahan, salah satunya adalah keterlambatan dalam menyelesaikan masa studi.

Baca Juga: Inilah Jadwal Lengkap Pertandingan 32 Besar Europa League, Ada Big Match Arsenal VS Benfica

Sebelum Anda menyesal di kemudian hari, berikut ini tips memilih perguruan tinggi dengan baik dan tepat sasaran yang harus Anda simak:

  1. Kenali Potensi, Minat, dan Bakat dalam Diri Anda

Ini merupakan syarat paling utama, karena orang yang menjalani suatu aktivitas dengan hati nurani akan memperoleh kenikmatan dan kebahagiaan yang belum tentu dapat diukur dengan sebuah nominal atau hal-hal yang bersifat materi.

Mengenali potensi, minat, dan bakat diri sendiri dapat membantu memudahkan Anda untuk menentukan pilihan jurusan dan/atau institusi perguruan tinggi yang tepat.

Baca Juga: Palestina Tuduh Israel Menahan Distribusi Pengiriman Vaksin COVID-19 ke Gaza

Jika Anda bercita-cita untuk bekerja di sektor pariwisata, sebaiknya Anda memilih untuk melanjutkan ke jalur diploma atau almamater yang memberikan Anda jam terbang untuk banyak melakukan praktik sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini

x