Jika Anda Memiliki Ini di dalam Darah Anda, Anda Mungkin Aman dari COVID-19 Parah

- 18 Februari 2021, 14:51 WIB
Ilustrasi covid-19
Ilustrasi covid-19 /Pixabay/cromaconceptovisual

KABAR BESUKI - Meskipun menutupi, menjaga jarak, dan mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin adalah cara yang baik untuk menurunkan peluang Anda tertular COVID, penelitian baru menunjukkan bahwa ada faktor genetik tertentu yang dapat mengurangi risiko Anda mengembangkan gejala COVID yang lebih parah.

Menurut sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Okinawa Institute of Science and Technology Graduate University, penanda DNA tertentu dapat melindungi seseorang dari kasus COVID-19 parah yang memerlukan perawatan di rumah sakit.

DNA Neanderthal mungkin menjadi kunci untuk mengurangi risiko COVID-19 parah Anda

Baca Juga: Disebut-sebut Akan Comeback Hingga 'EXO COMEBACK' Menjadi Trending di Twitter, Ada apa?

Dalam studi baru, yang akan diterbitkan dalam volume PNAS Maret 2021, para peneliti menemukan bahwa sekelompok gen Neanderthal tertentu khususnya yang memengaruhi kromosom 12 yang masih ada pada individu saat ini dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena kasus COVID-19 yang membutuhkan perawatan intensif sebesar 22 persen.

Dilansir dari Best Life, "Meskipun Neanderthal telah punah sekitar 40.000 tahun yang lalu, sistem kekebalan mereka masih mempengaruhi kita baik secara positif maupun negatif saat ini," jelas ahli genetika dan penulis studi Svante Paabo, PhD dalam sebuah pernyataan.

Variasi genetik memengaruhi cara tubuh seseorang merespons paparan virus

Penulis penelitian menemukan bahwa varian genetik tertentu yang diturunkan dari DNA Neanderthal mampu mengurangi keparahan COVID melalui mekanisme tertentu.

Faktor genetik khusus ini yang telah diidentifikasi pada tiga Neanderthal yang berusia mulai dari 50.000 tahun hingga 120.000 tahun memacu produksi enzim pelawan virus di dalam tubuh manusia.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x