Beredar Pendaftaran Vaksin COVID-19 untuk Lansia Via Whatsapp? Ternyata Ini Faktanya!

- 20 Februari 2021, 17:21 WIB
Beredar Pendaftaran Vaksin COVID-19 Untuk Lansia Via Whatsapp? Ternyata Ini Faktanya!
Beredar Pendaftaran Vaksin COVID-19 Untuk Lansia Via Whatsapp? Ternyata Ini Faktanya! /freepik

KABAR BESUKI - Pesan singkat berisi tautan ‘Rekaman Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Ibu Kota Provinsi’ beredar luas di masyarakat melalui aplikasi WhatsApp pada Jumat tanggal 19 Februari 2021 kemarin.

Dalam postingan tersebut terdapat tautan yang mengarah ke formulir online Google sebagai langkah registrasi vaksin untuk lansia di tujuh provinsi, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, dan Bali.

Sebetulnya, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah memasuki tahap 2 untuk pelaksanaan vaksinasi lansia dan PNS. Vaksinasi lansia akan dimulai di ibu kota provinsi seluruh Indonesia, dengan prioritas di Jawa - Bali.

Baca Juga: Bisa Jadi Referensi! Crunchyroll Merilis Pemenang Penghargaan Anime Tahun Ini, Berikut Daftarnya

Dalam implementasinya, ada dua pilihan mekanisme pendaftaran lansia. Vaksinasi pilihan pertama akan dilakukan di fasilitas kesehatan umum di Puskesmas dan rumah sakit umum dan swasta.

Peserta dapat melakukan registrasi dengan mengunjungi website Kementerian Kesehatan di laman resmi kementerian kesehatan dan website Committee for COVID-19 Management and National Economic Recovery (KPCPEN) di covid19.go.id.

Di kedua website tersebut akan ada link atau link yang bisa diklik oleh target imunisasi lansia. Ini berisi sejumlah pertanyaan yang harus diselesaikan.

Dengan mengisi data tersebut, peserta lansia dapat mencari bantuan dari anggota keluarga lain atau melalui ketua RT atau RW setempat.

Dengan link baru ini, link yang dulu beredar tidak bisa lagi digunakan. Untuk peserta atau target vaksinasi bagi lansia yang cukup beruntung bisa melengkapi link tersebut, tidak perlu khawatir karena pemerintah memastikan bahwa data tersebut disimpan dengan aman dan tersimpan dalam data yang tersedia di dinas kesehatan provinsi tempat peserta tinggal.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: sehatnegeriku.kemkes.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x