Aktif Kembali! Gunung Merapi Memancarkan Guguran Lava Pijarnya Sejauh Ratusan Meter

- 22 Februari 2021, 10:27 WIB
Aktif Kembali! Gunung Merapi Memancarkan Guguran Lava Pijarnya Sejauh Ratusan Meter
Aktif Kembali! Gunung Merapi Memancarkan Guguran Lava Pijarnya Sejauh Ratusan Meter /pxabay

KABAR BESUKI - Gunung Merapi, yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah, memicu lima guguran lava pijar dengan jarak luncuran maksimal 800 meter barat daya pada Senin mulai pukul 12.00 hingga 06.00 WIB.

Menurut Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Bencana Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, selama periode pengamatan, Merapi juga mengalami 25 guguran dengan amplitudo 3 hingga 18 MM selama 8 hingga 78 detik.

Asap dari kawah terpantau berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan ketinggian 50 meter di atas puncak kawah Gunung Merapi.

Baca Juga: Wujud Nyata Pangdam IX Udayana dan Shopee Indonesia Sediakan Air Bersih untuk NTT

Cuaca di gunung itu mendung, mendung dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah timur dengan suhu udara 14 hingga 23 derajat Celcius, kelembaban 71 hingga 98 persen dan tekanan udara 568 hingga 707 MMHQ.

Gunung Merapi tercatat melancarkan 32 kali guguran lava pijar dengan jarak luncuran maksimal 1.000 meter ke barat daya di hulu Kali Krasak dan Kali Boyong pada periode pantauan hari Minggu tanggal 21 Februari 2021 pukul 12.00-12.00 WIB kemarin.

Berdasarkan laporan aktivitas Merapi 12-18 Februari 2021, BPPTKG menyebutkan, intensitas kegempaan lebih rendah dibanding pekan sebelumnya.

Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan EDM dan GPS minggu ini juga tidak menunjukkan perubahan yang berarti.

Baca Juga: Terungkap! Ternyata Ini Alasan Mengapa Stories dari Ponsel Android Terlihat Pecah Berbeda dengan iOS

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x