Setelah Terinfeksi COVID-19, Kehilangan Bau dan Rasa Dapat Berlangsung hingga 5 Bulan!

- 23 Februari 2021, 13:18 WIB
Ilustrasi hilang penciuman dan perasa
Ilustrasi hilang penciuman dan perasa /Pixabay/

KABAR BESUKI - Pasien Covid yang telah sembuh akan kehilangan indra penciuman dan perasa. Setelah terinfeksi virus corona mungkin tidak dapat memerasakan kembali indra mereka hingga lima bulan.

Anosmia, hilangnya atau perubahan bau dan rasa, secara resmi dikenali sebagai gejala infeksi virus corona.

Data dari Kantor Statistik Nasional menunjukkan setengah dari pasien virus korona mendapatkan gejala dengan 16 dan 17 persen di antaranya mengalami beberapa bentuk kehilangan bau dan rasa.

Baca Juga: Kocak! Kalimat yang Pernah Dilontarkan oleh Nissa Sabyan Ini Mendadak Trending di Twitter

Para peneliti dari Universitas Quebec mempelajari 813 petugas kesehatan yang tertular Covid-19. Lebih dari sepertiga (38 persen) dari mereka yang kehilangan indra mereka belum sepenuhnya merasakan kembali setelah lima bulan.

Semua partisipan dalam penelitian ini mengisi kuesioner dan menyelesaikan tes di rumah untuk mengevaluasi indera perasa dan penciuman mereka.

Ini dilakukan, rata-rata, lima bulan setelah mereka tertular Covid-19 dan oleh karena itu para peneliti tidak dapat mengatakan apakah anosmia bertahan lebih lama dari ini, karena datanya belum ada.

Baca Juga: Hasil NBA: Sempat Ejek Mike Conley, LaMelo Ball Telan Kekalahan Bersama Charlotte Hornets

"Meskipun COVID-19 adalah penyakit baru, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kebanyakan orang kehilangan indra penciuman dan perasa pada tahap awal penyakit, '' kata penulis studi Dr Johannes Frasnelli sebagaimana dilansir Kabar Besuki melalui Daily Mail.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: Daily Mail


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah