Jika Tidak Memiliki Ini dalam Darah, Anda akan Berisiko Menular Covid-19 Lebih Parah

- 23 Februari 2021, 15:02 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. //Pixabay/Gerd Altman

KABAR BESUKI - Adanya pandemi Covid-19 membuat kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat di berbagai belahan dunia. 

Bukan hanya kondisi yang sudah ada sebelumnya yang dapat menyebabkan risiko Anda mengembangkan Covid-19 yang parah melonjak. 

Menurut sebuah studi baru, faktor yang hanya dapat dideteksi dalam darah Anda bisa menjadi kunci untuk menentukan seberapa melemahkan gejala Covid-19 Anda.

Menurut sebuah studi pada Januari 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Genetics in Medicine, individu tanpa jenis reseptor sel pembunuh alami (NK) tertentu dalam darah mereka lebih mungkin mengembangkan kasus Covid-19 yang parah daripada mereka yang memilikinya.

Baca Juga: Benarkah Gubernur Anies Baswedan Lebih Baik Menangani Banjir Ibu Kota? Simak Penjabarannya Berikut Ini

Ketika reseptor NKG2C spesifik yang diidentifikasi oleh para peneliti yang biasanya mengikat antigen HLA-E dalam aliran darah untuk menghancurkan sel-sel yang telah terinfeksi oleh virus  hilang, risiko seseorang terkena Covid-19 parah meningkat secara signifikan.

Studi tersebut menemukan bahwa sekitar empat persen populasi tidak memiliki reseptor NKG2C sepenuhnya, sementara 30 persen memiliki reseptor NKG2C yang tidak tersedia sepenuhnya, dan dengan demikian, dapat memberikan perlindungan yang tidak memadai saat melawan Covid-19.

DNA Neanderthal

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam volume PNAS Maret 2021  gen Neanderthal yang diturunkan yang memengaruhi kromosom ke-12 Anda dapat memangkas risiko Anda mengembangkan Covid-19 parah sebesar 22 persen. Gen Neanderthal yang dimaksud dilaporkan efektif memicu enzim pelawan virus, menurut penulis penelitian. 

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini

x