Perhatikan! Vaksin Ini Diklaim Lebih Ampuh Memerangi COVID-19 Daripada yang Lain

- 25 Februari 2021, 10:58 WIB
together we do it
together we do it / /gerd altmann/pixabay

KABAR BESUKI – Vaksin masih menjadi kebutuhan untuk memperkebal imun di seluruh dunia. Jumlah produksi yang tidak banyak membuat negara-negara mengantri untuk mendapatkan pasokan dosis.

Dunia telah mencatatkan beberapa vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah penularan yang lebih besar.

Dikutip dari Reuters, studi besar dunia nyata pertama tentang vaksin Pfizer-BioNTech yang ditinjau secara independen menunjukkan bahwa suntikan itu sangat efektif dalam mencegah COVID-19, dalam momen yang berpotensi penting bagi negara-negara yang putus asa untuk mengakhiri lockdown dan membuka kembali ekonomi.

Baca Juga: Sinopsis Ghost in the Shell Tayang di TransTV, Kamis 25 Februari 2021, Manusia Bertubuh Robot Pembasmi Teroris

Hingga saat ini, sebagian besar data tentang kemanjuran vaksin COVID-19 berada dalam kondisi terkontrol dalam uji klinis, meninggalkan elemen ketidakpastian tentang bagaimana hasil akan diterjemahkan ke dunia nyata dengan variabelnya yang tidak dapat diprediksi.

Penelitian di Israel, dua bulan menjadi salah satu peluncuran tercepat di dunia, menyediakan sumber data yang kaya, menunjukkan dua dosis suntikan Pfizer mengurangi gejala COVID-19 yang bergejala sebesar 94 persen di semua kelompok umur, dan penyakit parah hampir sebanyak itu.

Studi terhadap sekitar 1,2 juta orang juga menunjukkan satu suntikan 57% efektif dalam melindungi terhadap infeksi gejala setelah dua minggu, menurut data yang diterbitkan dan ditinjau oleh rekan sejawat di New England Journal of Medicine pada hari Rabu, 24 Februari 2021.

Hasil studi untuk Clalit Research Institute mendekati uji klinis tahun lalu yang menemukan dua dosis ditemukan 95% efektif.

"Kami terkejut karena kami tidak menyangka itu terjadi secara nyata, di mana rantai ini tidak terawat dengan sempurna dan populasi semakin tua dan semakin sakit, sehingga Anda tidak akan mendapatkan hasil sebaik yang Anda dapatkan dalam uji klinis terkontrol," kata Ran Balicer penulis studi senior.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: REUTERS


Tags

Terkini

x