Papua Nugini Berduka, Michael Somare yang Dijuluki ‘Bapak Bangsa’ Meninggal Dunia

- 26 Februari 2021, 09:02 WIB
Michael Somare
Michael Somare //Wikipedia/

KABAR BESUKI – Perdana Menteri pertama Papua Nugini, Michael Somare telah meninggal duni pada usia 84 tahun, kata putrinya pada Jumat, 26 Februari 2021.

Dijuluki sebagai ‘bapak bangsa’, Somare memimpin negara kepulauan Pasifik tersebut menuju kemerdekaan dari Australia pada 1975 dan telah melayani negaranya sebanyak empat kali sebagai perdana menteri.

Somare telah didiagnosa mengidap kanker pankreas di awal Februari. Putrinya, Betare Somare, berkata bahwa banyak orang-orang Papua Nugini menganggap Michael Somare sebagai ‘Ayah dan Kakek’ mereka sebelum kemerdekaan.

Baca Juga: Marc Marquez Ditanya Mengenai Rival Balap Pada MotoGP Musim 2021, Marc: Mir Adalah Juara Dunia

Sebelum kemerdekaan, Somare adalah perdana menteri wilayah Papua Nugini. Baru-baru ini dia juga memimpin negaranya pada 2011, meskipun dalam waktu singkat.

Dia adalah seorang politisi penting dalam datangnya kemerdekaan Papua Nugini. Karir politiknya menanjak dari tahun 1968 sampai pensiun pada tahun 2017.

Selama ini, dia telah melayani negaranya selama 17 tahun atau kurang lebih empat tahun. Selain itu, dia pernah menjadi menteri Urusan Luar Negeri, pemimpin oposisi, dan gubernur Sepik Timur.

Papua Nugini adalah negara pegunungan yang luas, serta kaya akan sumber daya dan mineral, termasuk minyak, gas, emas, dan tembaga.

Bahasa yang digunakan di sana sangat beragam. Papua Nugini juga menjadi negara yang memiliki tingkat perekonomian terbesar di Pasifik Selatan.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: REUTERS


Tags

Terkini