Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Abu Tersebar hingga ke Aceh dan Mencapai Ribuan Meter

- 2 Maret 2021, 15:34 WIB
Gunung Sinabung erupsi dengan jarak luncur hingga 3 km
Gunung Sinabung erupsi dengan jarak luncur hingga 3 km /twitter Magma/

KABAR BESUKI – Gunung Sinabung merupakan merupakan salah satu gunung api aktif di Dataran Karo. Gunung Sinabung menjadi gunung yang memiliki puncak tertinggi kedua di Sumatera Barat.

Gunung berapi  Sinabung diketahui memuntahkan awan abu panas setinggi 5 km pada Selasa 2 Maret 2021, dalam letusan besar pertama sejak Agustus tahun lalu.

Aktivitas Gunung Sinabung telah meningkat sejak Agustus tahun lalu dan kewaspadaan gunung berapi di provinsi Sumatera Utara telah ditempatkan di level tertinggi kedua.

Pusat Mitigasi Bencana Vulkanologi dan Geologi Indonesia  mengatakan bahwa, karena kejadian ini sementara tidak ada korban yang dilaporkan, tetapi seorang petinggi di wilyah tersebut sebelumnya mendesak masyarakat untuk mengungsi setidaknya 3 km dari kawah.

Baca Juga: Menuju Halal, Keluarga Atta Halilintar Malah Kritik Dandanan Aurel Hermansyah

Dilansir dari Reuters, Wirda Br Sitepu, seorang warga berusia 20 tahun, mengatakan bahwa situasi telah tenang dan mengatakan gunung tidak mengalami letusan susulan, dan abunya telah berkurang.

Sementara itu Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas 1, Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad mengatakan,”Bila dilihat dari foto satelit, diperkirakan debu vulkanik mulai menyebrang atau terbawa ke Provinsi Aceh”.

Ia juga mengatakan bahwa Gunung sinabung mengalami erupsi terjadi pada pukul 09.49 Wita. Dan abu Vulkanik bergerak ke Barat hingga selatan, hingga ke Aceh.

Baca Juga: Instagram Luncurkan Fitur Terbarunya, Sediakan Fasilitas Live Lebih dari Tiga Orang

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: REUTERS ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x