Hubungi Rumah Sakit! Ini Bukanlah Reaksi Vaksin Virus Covid-19 yang Harus Anda Abaikan

- 2 Maret 2021, 16:27 WIB
ilustrasi vaksin virus covid-19
ilustrasi vaksin virus covid-19 ///padrinan / 593 images

KABAR BESUKI - Anda mungkin mengalami nyeri atau bengkak di lengan Anda setelah mendapatkan vaksin COVID, bersamaan dengan demam, sakit kepala, kedinginan, dan kelelahan.

Tetapi reaksi-reaksi ini tidak perlu dikhawatirkan, karena ini adalah efek samping normal yang menunjukkan bahwa "tubuh Anda sedang membangun perlindungan", menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Namun, ada beberapa efek samping yang tidak boleh diabaikan. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan untuk mewaspadai satu reaksi parah terhadap vaksin COVID-19.

Baca Juga: Sedang Merasa Insecure? Coba Tonton Film Ini Supaya Kamu Lebih Merasa Bersyukur

Anda harus menelepon Rumah Sakit jika Anda memiliki reaksi alergi yang parah setelah vaksin COVID-19

Untuk vaksin COVID-19 Moderna dan Pfizer, FDA mengatakan ada "kemungkinan kecil" bahwa vaksin tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah, atau dikenal sebagai anafilaksis.

Jika itu terjadi, Anda perlu menelepon Rumah Sakit atau pergi ke rumah sakit terdekat. Efek samping normal, di sisi lain, biasanya tidak memerlukan tindakan lebih lanjut, tetapi jika anda merasakan kesakitan, Anda harus menghubungi vaksinasi atau penyedia layanan kesehatan.

Ada berbagai tanda bahwa Anda mengalami reaksi alergi yang parah terhadap vaksin

Reaksi alergi yang parah terhadap vaksin COVID dapat menghasilkan banyak gejala. Menurut FDA, Anda mungkin mengalami kesulitan bernapas, pembengkakan wajah dan tenggorokan, detak jantung cepat, ruam parah di sekujur tubuh, pusing, dan lemas.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini

x