Hati-Hati! Dosis Kedua Vaksin Covid-19 Dapat Memiliki Lebih Banyak Efek Samping

- 2 Maret 2021, 17:04 WIB
ilustrasi vaksin covid-19
ilustrasi vaksin covid-19 ///pixabay-PhotoLizM / 17 images

KABAR BESUKI - Dengan peluncuran vaksin COVID yang sekarang berjalan dengan baik, lebih dari 68.000.000 dosis dilaporkan telah diberikan di seluruh AS.

Ini adalah berita yang menjanjikan tidak hanya untuk keselamatan kita pada akhirnya dan kembali ke keadaan normal, tetapi juga untuk pengumpulan data, dengan kumpulan vaksinasi yang jauh lebih besar individu daripada kelompok uji coba awal yang diberikan, kami belajar banyak tentang apa yang diharapkan dari vaksin itu sendiri.

Secara khusus, ada satu pengalaman umum yang dokter sekarang katakan orang harus "bersiap" untuk, banyak penerima vaksin telah melaporkan bahwa dosis kedua menimbulkan lebih banyak efek samping daripada yang pertama. 

Baca Juga: Astaghfirullah! Ini Bahaya Mengonsumsi Miras dan Dosa yang Ditimbulkan Menurut Ajaran Islam

Sementara bukti dari AS saat ini bersifat anekdot, sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa dosis kedua vaksin COVID memang menghasilkan tingkat efek samping yang lebih tinggi. Para peneliti meninjau data dari 40.000 subjek.

Lebih dari 12.000 di antaranya telah menerima kedua dosis vaksin, dan menemukan bahwa tingkat efek samping meningkat untuk kedua kalinya. Setelah dosis tunggal, 37 persen penerima melaporkan efek samping lokal termasuk rasa sakit atau bengkak di dekat tempat suntikan, dan 12 persen melaporkan setidaknya satu efek samping seluruh tubuh pada hari-hari setelah injeksi.

Setelah dosis kedua, angka tersebut meningkat 45 persen melaporkan mengalami efek samping lokal, dan 22 persen melaporkan efek yang lebih luas.

Para dokter menjelaskan bahwa peningkatan efek samping ini masuk akal, mengingat cara kerja vaksin.

Vaksin kedua dosis anggaplah itu berdampak pada sistem kekebalan Anda, dan sistem kekebalan Anda sekarang mengenali vaksin tersebut, jadi vaksin itu melakukan tugasnya.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x