Waspada! Jenis Baru COVID-19 B117 Telah Ditemukan di Indonesia, Kebal Vaksin?

- 4 Maret 2021, 13:01 WIB
 Ilustrasi COVID-19
Ilustrasi COVID-19 /Ken Affila///Pexels/CDC

KABAR BESUKI - Indonesia baru-baru ini mendeteksi dua kasus  dari varian baru COVID-19 yang lebih menular yang pertama kali ditemukan di Inggris, kata para pejabat pada hari Selasa, 2 Maret 2021.

Varian asal Inggris ini juga telah ditemukan di negara lain di wilayah Asia Tenggara, termasuk Vietnam dan Filipina.

Wakil Menteri Kesehatan Indonesia Dante Saksono Harbuwono mengatakan penemuan varian yang dikenal sebagai B117 merupakan tantangan baru bagi Indonesia dalam memerangi pandemi ini.

Baca Juga: Pembayaran Cashless Menjadi Favorit Selama Pandemi, Survei Membuktikan Gen-Y dan Gen-Z Mendominasi

“Kami akan menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi,” kata Dante dalam konferensi yang disiarkan, sebagaimana dikutip dari laman Reuters.

Juru bicara satuan tugas COVID-19 Indonesia, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa jalur kedatangan dari luar negeri akan semakin diperketat guna mengurangi penyebaran varian baru tersebut.

Riza Putranto, seorang peneliti genomik di Jakarta, menyerukan peningkatan pengawasan genom di Indonesia dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan untuk memerangi varian tersebut.

“Perlu kolaborasi yang komprehensif dari banyak pemangku kepentingan untuk meminimalisir dampak varian baru ini di Indonesia,” ujar Riza.

Terhitung Indonesia telah melaporkan lebih dari 1,3 juta infeksi dan 36.000 kematian, meskipun infeksi harian telah menurun baru-baru ini setelah memuncak pada Januari dan awal Februari.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: REUTERS


Tags

Terkini

x