Masker Ganda Hanya Memberi Sedikit Manfaat, Penelit Jepang: Menggunakan Dua Masker Tidak Masuk Akal

- 5 Maret 2021, 20:02 WIB
Foto masker
Foto masker /Galang Garda Sanubari///, sumber: pixabay/nastya_gepp

KABAR BESUKI – Simulasi super komputer Jepang menunjukkan bahwa pemakaian dua lapis masker memberikan manfaat yang terbatas dalam menghalangi penyebaran virus, dibandingkan dengan satu masker yang dipasang dengan benar.

Temuan itu berbanding terbalik dengan rekomendasi baru-baru ini yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerik Serikat (CDC).

Mereka mengatakan, bahwa pemakaian dua masker lebih baik dalam mengurangi paparan virus corona terhadap seseorang.

Baca Juga: Tidur Tanpa Bra atau Memakai Bra, Mana yang Lebih Sehat? Simak Ulasannya

Para periset menggunakan super komputer Fugaku untuk meniru aliran partikel virus dari orang-orang yang memakai berbagai jenis dan kombinasi masker, menurut sebuah penelitian yang dirilis Kamis, 04 Maret 2021, oleh lembaga penelitian Riken dan Universitas Kobe.

Menggunakan satu masker bedah, yang terbuat dari bahan yang bukan tenun, memiliki efektivitas 85 persen dalam memblokir partikel saat dikenakan di sekitar hidung dan wajah dengan benar.

Apabila menambahkan masker poliuretan di atasnya, hanya akan menambah efektifitasnya sebesar 4 persen, menjadi 89 persen.

Mengenakan dua masker berbahan bukan tenun tidak berguna karena hambatan udara menumpuk dan menyebabkan kebocoran di sekitar tepinya.

Baca Juga: Uang yang Disita KPK Digunakan Untuk Bantuan Masjid, Nurdin Abdullah: Itu Uang Bantuan untuk Masjid

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: REUTERS Antaranews.com


Tags

Terkini