Jangan Langsung Pulang jika Sudah Mendapat Vaksin! Proses Ini Wajib Anda Jalani Setelah Mendapat Suntikan

- 6 Maret 2021, 18:32 WIB
Ilustrasi Vaksinasi
Ilustrasi Vaksinasi /Aliefia Rizky///freepik//user:syarifahbrit

KABAR BESUKI - Ada satu hal yang harus dihindari pada hari Anda mendapatkan vaksin COVID-19, yakni langsung meninggalkan lokasi vaksinasi tanpa menunggu 15 hingga 30 menit untuk proses observasi setelah Anda disuntik vaksin.

Ini diperlukan untuk melihat apakah Anda memiliki reaksi alergi langsung terhadap vaksin.

Jika Anda melakukannya, petugas medis di situs vaksinasi dapat mengobatinya dan memanggil perawatan darurat. Setiap orang harus menunggu di lokasi 15 menit setelah pengambilan gambar mereka, menurut CDC.

Baca Juga: Kloning Satwa untuk Pelestarian, Inilah 9 Hewan Mamalia yang Berhasil Dikloning dalam Dua Dekade Terakhir

Jika Anda memiliki riwayat reaksi alergi parah atau reaksi alergi langsung terhadap vaksin, sebaiknya tunggu setengah jam. Reaksi alergi yang parah terhadap vaksin dapat mencakup anafilaksis (pembengkakan mulut dan tenggorokan) yang dapat mengancam jiwa.

Untungnya, reaksi parah sangat jarang terjadi. Di Amerika Serikat hingga 24 Januari, ada 50 kasus anafilaksis yang dilaporkan di antara 9.943.247 dosis vaksin Pfizer.

Itu berhasil untuk 5 kasus anafilaksis per juta dosis yang diberikan. Untuk vaksin Moderna, ada 21 kasus anafilaksis yang dilaporkan dari 7.581.429 dosis — 2,8 kasus anafilaksis per satu juta dosis.

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi non-parah terhadap suntikan, yang didefinisikan oleh CDC sebagai reaksi alergi yang tidak memerlukan perhatian medis.

Baca Juga: Mengenal Support System yang Berpengaruh Bagi Kesehatan Mental, Simak Manfaatnya!

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: Eat This


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x