Budidaya Cacing Sutra Mudah, Produksi dan Bisnis Pakan Ikan Sekali Jalan

- 7 Maret 2021, 10:23 WIB
Cacing sutra
Cacing sutra /Kodar Solihat/Kementerian Kelautan dan Perikanan

KABAR BESUKI – Ada banyak hewan budidaya di seluruh penjuru dunia maupun negeri, biasanya mereka dibudidayakan untuk memenuhi keinginan pribadi sebagai hobi, atau sebagai bisnis.

Banyak jenis hewan yang kemudian dijadikan hewan peliharaan, misalnya saja ikan. Mulai dari lele, koi, cupang, guramih, hingga nila. Dari semua ikan yang dibudidaya, satu unsur terpentingnya adalah pakan.

Para pembudidaya, jelas menginginkan pakan yang alami dan penuh dengan gizi. Salah satu contohnya adalah cacing sutra.

Untuk Anda pecinta ikan dan ingin memproduksi pakannya sendiri, berikut cara mudah budidaya cacing sutra bagi pemula berdasarkan lansiran dari YouTube Suksespedia.

Baca Juga: Pentingnya Istirahat yang Cukup, Elon Musk Membutuhkan Waktu Tidur Selama Ini Agar Produktif Setiap Har

  1. Bibit Cacing Sutra

Bibit cacing sutra bisa Anda dapatkan dengan mudah. Bisa diperoleh dari penjual pakan ikan, pembudidaya, atau jika Anda memiliki sawah, cacing sutra bisa ditemukan di lumpur.

Apabila Anda memutuskan untuk mencari bibit cacing sutra secara langsung, lebih baik untuk memilih bibit yang unggul. Adapun cara yang perlu diperhatikan untuk memperoleh bibit unggul adalh sebagai berikut:

-          Cacing sutra yang bisa dijadikan bibit unggul harus berbentuk seperti gumpalan rambut, dan bergerak dengan cepat.

-          Ketika sudah memperoleh bibit yang unggul, Anda harus terlebih dahulu mengkarantina bibit-bibit tersebut. Tujuannya, untuk menghindarkan bibit dari kemungkinan bakteri atau logam yang tertinggal.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube Sobat Dosen


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah