Tak Banyak yang Tahu, 5 Jenis Bahan Makanan Ini Sering Salah Menyimpan Hingga Sebabkan Kebusukan

- 8 Maret 2021, 17:46 WIB
Sayuran tomat.
Sayuran tomat. //pixabay/kie-ker

KABAR BESUKI – Menyimpan bahan makanan adalah suatu  tata cara menata, menyimpan, memelihara jumlah, kualitas, dan keamanan bahan makanan.

Tujuan disimpannya bahan makanan adalah untuk mempertahankan kondisi dan mutu bahan makanan yang disimpan dan melindungi bahan makanan dari kerusakan dan kebusukan.

Umumnya bahan makanan disimpan agar awet dan tahan lama, sehingga bisa digunakan lain waktu ketika dibutuhkan. Akan tetapi, beberapa makanan ini ternyata sering disimpan di tempat yang salah dan malah menyebabkan kebusukan hingga racun.

 Baca Juga: Apakah Covid-19 Dapat Menular ke Hewan Peliharaan Seperti Anjing dan Kucing? Simak Ulasan Berikut!

Oleh sebab itu, penting untuk kita tahu dimana dan bagaimana cara menyimpan makanan dengan benar dan lebih tahan lama. Tata penyimpanan yang benar akan mengurangi jumlah makanan terbuang sia-sia karena busuk, jadi lebih ramah lingkungan dan juga ramah di kantong.

Nah, berikut ada beberapa bahan makanan dan cara penyimpaannya yang benar, simak ulasannya.

  1. Tomat

Menurut para petani, tomat akan lebih bercita rasa dan lebih harum bila disimpan di suhu ruangan sekitar 20 derajat celcius atau lebih. Jika tomat disimpan didalam kulkas, tomat akan kehilangan kualitas terbaiknya dan rasanya akan berubah.

Sebaiknya beli tomat segar dalam jumlah sedikit, yang dapat dihabiskan dalam waktu sehari, atau simpanlah tomat di rak paling bawah kulkas. Tomat yang matang juga membuat buah dan sayuran lain yang disimpan bersama jadi lebih cepat matang.

 Baca Juga: Lirik Lagu Rilisan Baru Happy Asmara ‘Ojo Dadi Pecundang’ yang Naik Trending Lagi

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube SISI TERANG


Tags

Terkini

x