Wajib Disimak! BMKG Perkirakan Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Akan Terjadi di Sejumlah Wilayah Ini

- 10 Maret 2021, 10:39 WIB
Wajib Disimak! BMKG Perkirakan Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Akan Terjadi di Sejumlah Wilayah Ini
Wajib Disimak! BMKG Perkirakan Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Akan Terjadi di Sejumlah Wilayah Ini /Aliefia rizky///tangkapan layar video YouTube BMKG

KABAR BESUKI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, seperti Kalimantan dan Sulawesi pada Rabu.

Berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang hari ini adalah Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur.

Selain itu, di Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan, BMKG diprediksi berpotensi hujan.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Kenapa Ide Kreatif Selalu Muncul Saat di Kamar Mandi, Ini Penjelasannya

Sedangkan menurut rangkuman cuaca harian periode 9-11 Maret 2021, peningkatan curah hujan dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor yaitu di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Tengah. Jawa, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTT, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua.

Selain itu, hujan lebat di perairan tersebut dapat terjadi di perairan barat Bengkulu selatan NTT, Samudra Hindia barat dari Bengkulu hingga barat daya Jawa, Laut Jawa, Laut Flores, dan Laut Sumbawa.

Kemudian Selat Makassar, Laut Sulawesi, Teluk Tomini, Teluk Bone, Laut Maluku, perairan utara Halmahera hingga perairan Papua Barat, Laut Timor dan selatan dari Papua.

Baca Juga: Lebih Efektif! Penelitian Terbaru Menunjukkan Sistem Saluran Pembuangan Air dapat Mendeteksi Sebaran Covid-19

Selain itu, sebagai tambahan informasi, BMKG juga memberikan peringatan dini terkait cuaca di Jawa Barat secara umum untuk hari Rabu tanggal 10 Maret 2021.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Terkini

x