Prediksi BMKG: Puncak Musim Hujan Berada di Akhir Bulan Maret 2021, Simak Daftar Wilayahnya!

- 12 Maret 2021, 11:59 WIB
Prediksi BMKG: Puncak Musim Hujan Berada di Akhir Bulan Maret 2021, Simak Daftar Wilayahnya!
Prediksi BMKG: Puncak Musim Hujan Berada di Akhir Bulan Maret 2021, Simak Daftar Wilayahnya! /Aliefia Rizky/Instagram BMKG @infoBMKG

KABAR BESUKI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia akan berakhir. Peralihan musim hujan ke musim kemarau diharapkan dimulai pada akhir Maret 2021.

"Sebagian besar Indonesia akan memasuki masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau mulai akhir Maret 2021," kata Guswanto selaku menjabat sebagai Deputi Meteorologi BMKG.

Guswanto menyatakan hal tersebut melalui keterangannya, pada hari Kamis tanggal 11 Maret 2021 kemarin.

Baca Juga: Peringati Hari Raya Nyepi, Bali Perketat Pengamanan Daerah Wisata dan Sementara Tutup Akses ATM Pada 13 Maret

Baca Juga: Jika Terjadi Hal Ini Pada Mulut, Awas! Kemungkinan Anda Beresiko Serangan Jantung

Mengantisipasi peralihan musim ini, BMKG juga mengingatkan potensi kondisi cuaca ekstrim. Dari hujan lebat berumur pendek yang mungkin disertai petir dan angin kencang, tornado, puting beliung, dan hujan es.

“Fenomena hujan es merupakan fenomena yang biasa terjadi pada masa transisi musiman. Hal ini dipicu oleh model konektivitas massa udara pada skala lokal-regional yang lebih penting pada periode transisi musiman,” tutur Guswanto.

Yang merupakan ciri umum kejadian cuaca selama masa transisi musiman adalah kondisi cuaca yang relatif cepat berubah.

Baca Juga: Hilda Vitria Ungkap Billy Syahputra Terlihat Semakin Kurus, Denny Cagur: Soalnya Stres Putus Sama Amanda

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: PMJNews


Tags

Terkini