Dexamethasone: Obat Klinis Covid yang Telah Menyelamatkan Jutaan Nyawa Pasien Covid-19 di Seluruh Dunia

- 24 Maret 2021, 07:10 WIB
Ilustrasi Covid/
Ilustrasi Covid/ /Aini/Pexels/cottonbro

KABAR BESUKI - Pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak korban jiwa di seluruh penjuru dunia. Meskipun belum mendapatkan obat patennya, namun salah satu jenis steroid ini mampu menekan angka kematian akibat Covid-19 di seluruh dunia.

Dexamethasone atau deksametason adalah obat golongan kortikosteroid murah dan bebas yang muncul sebagai salah satu terapi penangan pasien Covid.

Penggunaan dexamethasone sejauh ini telah menyelamatkan setidaknya jutaan nyawa korban jiwa akibat Covid-19 di seluruh dunia, seperti dilansir Kabar Besuki dari The Guardian.

Baca Juga: Ada Kekhawatiran Status Halal, Indonesia Tetap Meluncurkan Vaksin AstraZeneca

Baca Juga: Seputar Covid-19: Optimis Ekonomi Pulih, Pemerintah Anggarkan Alokasi Dana Rp699,4 triliun

Penggunaan dexamethasone ini tidak hanya dicetuskan begitu saja, namun  melalui penelitian acak terbesar di dunia pada Maret 2020 untuk membantu pasien Covid yang dirawat di rumah sakit.

Penelitian tersebut telah dilakukan oleh ribuan dokter dan perawat pada puluhan ribu pasien di rumah sakit di seluruh Inggris.

Ketika Covid-19 muncul di akhir 2019, Peter Horby dari universitas Oxford mulai mengerjakan uji coba obat Covid di Wuhan.

Namun penelitian obat pun ditangguhkan karena pembatasan sosial dan lockdown di China,  sementara saat itu kasus Covid-19 sudah mulai bermunculan di Eropa.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: The Guardian


Tags

Terkini