Jaga Konservasi Kawasan Sungai, Wabup Sugirah dan Pemkab Banyuwangi Tebar 1000 Ikan di Desa Macanputih

- 25 Maret 2021, 19:37 WIB
Agenda Susur Sungai oleh Pemkab Banyuwangi
Agenda Susur Sungai oleh Pemkab Banyuwangi /Instagram @banyuwangi_kab

KABAR BESUKI – Pemkab Banyuwangi terus memberikan perhatian kepada konservasi kawasan sungai. Penebaran ikan kembali digelar pada Rabu 24 Maret, setelah sebelumnya digelar di Bendungan Karangdoro, Kecamatan Tegalsari. Kali ini dilaksanakan di kawasan Sungai Jembatan Merah Putih, Desa Macanputih, Kecamatan Kabat.

Penebaran yang dilakukan pada Rabu lalu itu dilakukan oleh Wabup Sugirah yang juga merupakan rangkaian dari acara Susur Sungai di Desa Macanputih.

Ribuan ikan yang ditebar adalah jenis nila dan temboro. Penebaran itu dilakukan untuk mendukung daerah tersebut untuk menjadi Kawasan Konservasi Kampoeng Ikan.

Baca Juga: Kembali Bangkit, Kini Angela Gilsha Anggap Adiknya Masih Ada Sebagai Penyemangat

Selain Wabup dan anggota Pemkab Banyuwangi, acara itu juga dihadiri oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas), dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Desa Macanputih.

“Penebaran ikan akan memberi manfaat ekonomi bagi warga di aliran sungai. Harapan kita semua, dengan kemanfaatan ekonomi yang didapat, maka warga tergerak untuk menjaga kebersihan sungai,” kata Sugirah.

Selain untuk memberdayakan konservasi sungai, Sugirah juga mengatakan kegiatan ini termasuk pemberdayaan untuk masyarakat.

Baca Juga: Akhirnya Terkuak Semuanya! untuk Bantai Laskar Kapolda Beli Senjata di Pasar Gelap? [Cek Fakta]

Dia menilai, perikanan di sungai ini merupakan salah satu opsi untuk memperkuat ketahanan pangan di Banyuwangi. Apabila perikanan di laut mengalami paceklik, kemungkinan perikanan di sungai dapat menutup kurangnya ketersediaan ikan di pasar.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x