Berjejer Dengan 13 Kabupaten Lain di Jawa Timur, Sumenep Terpilih Sebagai Lokasi Pelaksanaan Upland

- 26 Maret 2021, 08:43 WIB
Sumenep Terpilih Sebagai Lokasi Pelaksanaan Upland
Sumenep Terpilih Sebagai Lokasi Pelaksanaan Upland /sumenepkab.go.id

KABAR BESUKI - Terpilih sebagai lokasi pelaksanaan Upland The Development of Integrated Farming System at Upland Area. Kamis 25 Maret 2021, nama Kabupaten Sumenep resmi berjejer dengan tiga belas kabupaten lainnya yang ada di Jawa Timur.

Dengan adanya pengembangan sistem pertanian terpadu, yang nantinya akan membantu petani, pemerintah daerah memanfaatkan dana hibah untuk meningkatkan kesejahteraan  masyarakat di Kabupaten Sumenep. Terutama masyarakat yang memiliki profesi sebagai petani bawang merah.

“Yang jelas, Upland merupakan program yang memotivasi daerah untuk peningkatan produksi dan produktivitas pertanian,” kata Achmad Fauzi, selaku Bupati Sumenep.

Baca Juga: Masih Membandel, KPI Berikan Teguran Tertulis Kedua untuk Sinetron Buku Harian Seorang Istri di SCTV

Untuk mensukseskan program Upland tersebut, pihaknya akan bersinergi dengan seluruh elemen baik di daerah dan juga pusat. Agar program tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Saya merasa gembira Kabupaten Sumenep terpilih sebagai lokasi pelaksanaan Upland ini. Mudah-mudahan pelaksanaan program ini mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sumenep,” imbuh Fauzi, pernyataan itu Kabar Besuki kutip dari halaman sumenepkab.go.id.

Baca Juga: Ratusan Warga Uighur Memprotes Kunjungan Menteri China ke Turki

Pada Rabu, 24 Maret 2020, Bupati Sumenep tersebut menandatangani Perjanjian Hibah Daerah (PHD) untuk program Upland antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten. Ia melakukan penandatanganan tersebut di Jakarta.

Kata Fauzi, “Program Upland menjadi implementasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan ekonomi berbasis kawasan dari hulu ke hilir sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sumenep periode 2021-2024,”

Baca Juga: 5 Penyebab Karyawan Memiliki Kebiasaan Gemar Berhutang, Salah Satunya Tidak Bisa Mengatur Keuangan Pribadi

Tujuan program Upland yakni meningkatkan pendapatan dan menambah produktivitas petani yang ada di dataran tinggi. Melalui perbaikan infrastruktur lahan dan air, sekaligus penguatan sistem kelembagaan petani.

Arif Firmanto, selaku Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahutbun) menjelaskan, tentang bagaimana cara mendapatkan dana hibah Upland tersebut.

Baca Juga: Heboh Polemik Tentang Impor Beras, Deddy: Impor Seharusnya Bersifat 'Emergency'

Pemberian Dana Hibah Upland akan dilakukan melalui proses seleksi pemaparan proposal dari kabupaten pemerintah pusat sesuai komoditas unggulan daerah.

Kata Afif, “Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui program Upland mendapat dana hibah totalnya mencapai Rp52.874.640.000,00,”

Berikut beberapa Kabupaten yang menjadi lokasi penerapan proyek Upland di Indonesia, Banjarnegara, Lebak, Garut, Tasikmalaya, Subang, Minahasa Selatan, Gorontalo, Lombok Timur, Purbalingga, Malang, Magelang, Sumenep, Sumbawa dan Cirebon. ***

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: SumenepKab.go.id


Tags

Terkini

x