Mengenal Jenis Burung Perkutut si Burung dengan Sugudang Mitosnya, Bahkan Dipercaya Dapat Menangkal Santet

- 27 Maret 2021, 17:40 WIB
Gambar Burung Perkutut./Tangkapan layar/YouTube/Mistis Mitos
Gambar Burung Perkutut./Tangkapan layar/YouTube/Mistis Mitos /Youtube

KABAR BESUKI - Perkutut jawa adalah spesies burung dalam suku Columbidae, dari genus Geopelia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan biji-bijian saja, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan jika burung ini juga memakan serangga di habitat aslinya.

Burung pemakan biji-bijian ini biasanya dipelihara oleh orang Jawa yang mempunyai sebagai burung kicauan karena suaranya yang khas dan dianggap membawa keberuntungan
 
Burung dengan nama latin Geopelia striata bukan hanya burung yang mampu bersuara, akan tetapi burung ini mempunyai beragam keunikan yang tidak dimiliki oleh burung lainnya.
 
 
Burung perkutut di alam memakan rerumputan, benih gulma dan serangga. Sehingga, dimungkinkan di alam mempunyai manfaat sebagai pengontrol alami gulma dan serangga.
 
Burung dengan nama latin Geopelia striata bukan hanya burung yang mampu bersuara, akan tetapi burung ini mempunyai beragam keunikan yang tidak dimiliki oleh burung lainnya.
 
Bagi sebagian pemelihara burung, dengan hanya melihat perkutut, sudah bisa memastikan bagaimana suara yang akan dihasilkan.

Oleh karena itu, sangat lazim menemukan banyak warga yang memelihara burung ini di rumahnya.

Baca Juga: Hindari Kebiasaan Ini Apabila Anda Ingin Memiliki Kualitas Tidur yang Nyenyak, Termasuk Bermain Ponsel

Pasalnya, selain sebagai hewan peliharaan eksotis, perkutut banyak dipelihara karena mitos yang mengelilinginya. Mulai dari hewan pembawa keberuntungan, kekayaan, hingga sebagai hewan pesugihan.

Salah satu mitos burung perkutut paling terkenal menyebutkan bahwa hewan ini adalah jelmaan dewa. Salah satunya karena burung perkutut juga menjadi hewan peliharaan Prabu Brawijaya dari Majapahit.

Konon, hewan yang menjadi peliharaan Prabu Brawijaya ini sebenarnya adalah jelmaan Pangeran Padjajaran bernama Joko Mangu.

1. Perkutut Hitam, Dari sekian banyak jenis perkutut, nampaknya perkutut hitam inilah yang paling umum dan banyak dipelihara oleh masyarakat. Perkutut hitam bisa dibilang “rajanya” perkutut. Masyarakat di Jawa menyebut burung ini dengan nama Kol Buntet.

Perkutut hitam sering dikaitkan dengan hal-hal gaib. Salah satu mitos mengenai perkutut hitam ini adalah orang yang memelihara burung ini dapat memiliki aura keberuntungan yang sangat kuat.

Baca Juga: Catat! Hindari Mengucapkan 5 Kalimat Ini Saat Wawancara Kerja, Bisa Bikin Gagal Lolos

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: You Tube


Tags

Terkini

x