Siaga! Gunung Sinabung Erupsi Luncurkan Awan Panas Hingga Jarak 1000 meter

- 28 Maret 2021, 08:10 WIB
Ilustrasi Gunung Sinabung erupsi.
Ilustrasi Gunung Sinabung erupsi. /ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting/
KABAR BESUKI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menyatakan Gunung Sinabung erupsi pada Sabtu, 27 Maret 2021 sekitar pukul 12.00 WIB.
 
Dilansir dari Antara, erupsi tersebut ditandai dengan luncuran guguran awan panas teramati dengan jarak 1.000 meter yang mengarah ke timur dan tenggara.
 
"Sementara asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100-500 meter di atas puncak kawah," kata Natanail Perangin-angin, Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Sabtu, 27 Maret 2021.
 
Ia menjelaskan Gunung Sinabung dengan tinggi 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu dalam keadaan cuaca cerah dan berawan.
 
Angin bertiup lemah ke arah barat dan barat laut, sedangkan suhu udara 18-24 Celcius. Menurut Natanail jumlah guguran 8, amplitudo 2-70 mm, dan durasi 20-104 detik.
 
Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga dan petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang warganya sudah dipindahkan serta di lokasi dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.
 
Selain itu, radius sektoralnya pada lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometer untuk sektor timur-utara.
 
Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker saat keluar rumah untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan warga.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x