Hewan Cerdas, Lumba-Lumba Memiliki Kepribadian yang Mirip dengan Manusia Menurut Penelitian Terbaru

- 29 Maret 2021, 09:02 WIB
ikan lumba-lumba
ikan lumba-lumba /portalsurabaya.pikiran-rakyat/

KABAR BESUKI - Sebuah penelitian menemukan jika lumba-lumba memiliki sejumlah kepribadian yang mirip dengan manusia, meskipun kedua spesies ini hidup di habitat yang berbeda.

Penelitian yang dilakukan dalam Journal of Comparative Psychology mengamati 134 lumba-lumba hidung botol jantan dan betina, dari delapan fasilitas di seluruh dunia, seperti dilansir Kabar Besuki dari The Guardian.

Lumba-lumba hidung botol dianggap sebagai salah satu hewan paling cerdas di Bumi. Mereka memiliki massa otak terbesar per ukuran tubuh, dibanding dengan hewan lainnya. Mereka hidup dalam kelompok.

Baca Juga: Kapolri: Kedua Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Kota Makassar Diyakini Terjaring Kelompok Militan JAD

Hasil penelitian menunjukkan adanya kesamaan ciri-ciri kepribadian tertentu antara lumba-lumba dengan staf yang merawat lumba-lumba tersebut, terutama dari segi keingintahuan dan sifat bersosialisasinya.

Manusia mampu mengembangkan kepribadian secara independen dari lingkungan sekitar. Hal yang sama juga ditemukan dalam lumba-lumba meskipun manusia dan lumba-lumba hidup di lingkungan yang berbeda.

Dr Blake Morton, dosen psikologi di University of Hull dan pemimpin studi ini mengatakan jika ini adalah pertama kalinya kepribadian lumba-lumba dipelajari.

Baca Juga: Jangan Khawatir Jika Sikap Seorang Anak Tidak Sama dengan Orang Tuanya, Seperti ini Penjelasannya

"Lumba-lumba adalah hewan yang hebat untuk penelitian semacam ini karena seperti primata, lumba-lumba itu cerdas dan sosial," kata Morton.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: The Guardian


Tags

Terkini

x