Prakirakan BMKG, Hujan Akan Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia Serta Potensi Bencana di Wilayah Jawa Timur

- 29 Maret 2021, 10:46 WIB
Peta Prakiraan Hujan BMKG/bmkg
Peta Prakiraan Hujan BMKG/bmkg /

KABAR BESUKI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberitahukan prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia pada Senin 29 Maret 2021.

Hujan lebat disertai kilat serta angin kencang berpotensi mengguyur wilayah-wilayah berikut yakni: Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Wilayah Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara juga menghadapi potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Baca Juga: Waspadalah dengan Perizinan Akses Mikrofon dan Kamera Oleh Sebuah Aplikasi, Hal Ini Bisa Terjadi

Berdasarkan informasi dari ikhtisar cuaca hariannya, BMKG menyampaikan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di perairan utara Maluku Utara dan membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang di Sulawesi Tengah bagian utara hingga perairan utara Papua Barat.

Sementara itu sirkulasi siklonik lain terpantau di Laut Banda. Sirkulasi siklonik itu membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Sulawesi Selatan bagian tengah hingga perairan barat daya Papua.

Baca Juga: Insiden Terbakarnya Kilang Minyak Balongan, Pertamina Pastikan Distribusi BBM Tetap Lancar

Dari ikhtisar BMKG tersebut, sirkulasi siklonik juga terpantau di perairan barat Pulau Mentawai hingga pesisir timur Riau dan Jawa bagian tengah.

Sirkulasi siklonik di Jawa bagian tengah membentuk daerah konfluensi yang memanjang dari Nusa Tenggara Barat hingga perairan selatan Jawa Tengah.

Berdasarkan pengamatan BMKG, kondisi tersebut, mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik serta di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x