Alsintan Akan Segera Diberikan Kepada Petani Bangkalan, Puguh Santoso: Untuk Tingkatkan Hasil Tani

- 30 Maret 2021, 09:54 WIB
Puguh Santoso,
Puguh Santoso, /A Fauzi/sumber; bangkalankab.go.id

KABAR BESUKI - Bangkalan merupakan salah satu kabupaten di pulau Madura yang memiliki sumber daya alam yang mumpuni. Dalam bidang pertanian, Bangkalan juga terbilang produktif memiliki hasil tani yang melimpah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan berencana untuk memberikan bantuan alat pertanian (alsintan) kepada para petani.

Upaya meningkatkan hasil produksi para petani di Bangkalan, Pemkab Bangkalan kali ini melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertapahorbun) sedang mengusahakan bantuan tersebut agar bisa sampai kepada tangan para petani.

"Alat tersebut bersumber dari Pokok dan Pikiran (Pokir) Anggota DPRD Bangkalan. Meski beberapa nanti juga ada dari Dispertapahorbun," kata Kepala Dinas (Kadis) Dispertapahorbun Puguh Santoso, Senin 29 Maret 2021, dikutip dari bangkalankab.go.id.

Baca Juga: Pihak LTMPT Dilaporkan Menambah Kuota pada Sejumlah Pusat UTBK, Begini Alasannya

Puguh mengatakan bahwa saat ini sedang dilakukan pendataan terhadap pihak terkait penerima bantuan nantinya.

"Kami masih mendata bantuan baik yang dari dewan maupun dari Dispertapahorbun," kata dia. 

Bantuan alsintan tersebut akan diberikan kepada para petani yang memang sudah memenuhi kriteria dan persyaratan yang ada. Seperti yang dikatakan Puguh, bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan alsintan tersebut. Diantara syarat yang harus dipenuhi adalah pengajuan proposal penerimaan alsintan, juga petani diharuskan sudah memiliki kelompok tani yang aktif dan masih berjalan.

"Bantuan tidak bisa diberikan ke semua kelompok, tergantung nanti melihat tingkat kebutuhannya," jelas Puguh. 

Baca Juga: Selain Digunakan Sebagai Alat Makan, Sendok Ternyata Miliki Segudang Manfaat untuk Kecantikan

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Rahasia Mengonsumsi Sandwich untuk Tubuh Anda, Salah Satunya Meningkatkan Kadar Antioksidan

Dengan adanya program pemberian bantuan alsintan tersebut, pihaknya mengharapkan dapat membuat para petani yang ada di Kabupaten Bangkalan bisa lebih produktif dan sejahtera nantinya. Dari hasil tani yang melimpah, tentunya akan semakin besar pula pendapatan yang akan diterima.***

Editor: Yayang Hardita


Tags

Terkini

x