Miris, Salah Satu Spesies Kera Besar di Indonesia Ini Semakin Terancam Punah Akibat Proyek Tenaga Listrik

- 2 April 2021, 08:29 WIB
Orangutan Tapanuli// unsplash.com/ CHUTTERSNAP
Orangutan Tapanuli// unsplash.com/ CHUTTERSNAP //Rianti setyarini/

KABAR BESUKI - Setiap tahunnya, hewan yang terancam punah di bumi semakin banyak dan meluas di seluruh dunia.Kali ini kabar kurang baik ini datang dari salah satu spesies kera besar yang ada di Sumatera Utara, Indonesia.

Orangutan Tapanuli, salah satu spesies kera besar yang sebelumnya memang ditetapkan terancam punah, mungkin lebih mendekati kepunahan daripada yang diperkirakan sebelumnya, seperti dilansir Kabar Besuki dari The Hill.

Spesies kera besar ini dapat ditemukan di pegunungan Batang Toru di Sumatera Utara, Indonesia. Saat ini mereka hanya menempati kurang dari 3 persen habitat asli mereka.

Baca Juga: Menurut Studi: Pasangan Bertemu dari Aplikasi Kencan Seperti Tinder Bisa Jalani Hubungan Lebih Lama

Saat ini orangutan Tapanuli hanya tersisa kurang dari 800 ekor di Batang Toru, yang mengakibatkan spesies ini sudah tidak lagi aman.

Seorang ilmuwan konservasi dan pendiri kelompok konservasi Borneo Futures, Erik Meijaard mengatakan jika lebih dari satu persen populasi dewasa orangutan Tapanuli dibunuh, ditangkap atau dipindahkan setiap tahunnya maka hal tersebut akan berakhir sangat buruk dalam beberapa tahun kedepan.

Jika tidak segera dijaga dan dilestarikan dengan baik, orangutan Tapanuli akan menjadi spesies kera besar pertama yang punah di zaman modern.

Baca Juga: Maraknya Kasus Terorisme di Indonesia, Pengamat: Generasi Milenial Telah Menjadi Target Perekrutan Teroris

Menurut studi berdasarkan catatan sejarah dari wilayah tersebut, kera-kera ini terpaksa harus pindah ke rumah mereka saat ini, pegunungan Batang Toru, karena menjadi incaran para pemburu yang menargetkan orangutan Tapanuli.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: The Hill


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah