Gojek dan Tokopedia Kampanyekan 'Dekatkan yang Jauh, Kirim yang Bermakna' Demi Memperhangat Suasana

- 2 April 2021, 09:29 WIB
 Logo Gojek dan Tokopedia
Logo Gojek dan Tokopedia /Website Tokopedia dan Gojek

KABAR BESUKI - Dengan mengkampanyekan “Dekatkan yang Jauh, Kirim yang Bermakna", Penyedia jasa transportasi daring Gojek dan Tokopedia yang merupakan salah satu perusahaan marketplace ternama, menjali kerjasama dengan bertujuan mendukung masyarakat agar tetap membangun hubungan erat dan bermakna di bulan Ramadhan meski masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Head of Logistics Gojek, Steven Halim menjelaskan bahwa situasi pandemi mendorong terjadinya pergeseran perilaku konsumsi masyarakat, dari offline menjadi online, baik dalam berbelanja, beribadah, maupun bersilaturahmi. Steven menjadikan moment tersebut sebagai ajang silaturahmi, melihat kondisi pandemi yang masih membuat tidak leluasa untuk saling bertemu, dengan pengiriman bingkisan dari jarak jauh tentunya bisa membuat rasa silaturahmi tetap hadir.

"Di bulan Ramadhan, kami melihat keterbatasan untuk dapat bersilaturahmi secara tatap muka dengan leluasa justru mendorong masyarakat menjadi lebih kreatif dengan memilih mengirimkan bingkisan kepada teman maupun anggota keluarga. Hal ini tercermin dari peningkatan penggunaan layanan GoSend yang mendekati 40 persen pada Ramadan 2020 dibandingkan tahun sebelumnya," jelas dia.

Baca Juga: Sukses Berperan Sebagai Reyna ‘Ikatan Cinta’, Aktris Cilik Fara Shakila Dibanjiri Hadiah dari Fans

Bukan hanya sebagai solusi pengiriman bingkisan yang mudah, Steven menegaskan bahwa kolaborasi tersebut juga untuk mendorong pertumbuhan pedagang online sebagai pelaku UMKM yang memiliki peran dalam pemulihan perekonomian di Indonesia.

Sementara itu transaksi parsel makanan dikabarkan naik hampir mencapai empat kali lipat di bulan Ramadan 2020 kemarin, pernyataan tersebut disampaikan oleh Hilda Kitti selaku VP of Marketing Tokopedia pada Jumat, 2 April 2021, dan menandakan bahwa belanja online saat ini semakin menjadi andalan masyarakat.

"Kanal digital pun kian dimanfaatkan pegiat usaha di Indonesia untuk mempertahankan bisnis terutama saat pandemi. Terbukti dari jumlah penjual di Tokopedia yang bertumbuh signifikan. Dari yang sebelum pandemi berjumlah 7,2 juta menjadi lebih dari 10 juta saat ini dan hampir 100 persennya UMKM,” ungkap Hilda.

Pada kategori khusus “Parsel Ramadan” , melaluli kolaborasi tersebut nantinya pengguna Tokopedia akan memperoleh layanan eksklusif GoSend. Pada periode 13 April - 12 Mei 2021, GoSend akan memberikan gratis ongkir senilai Rp15.000 yang berlaku untuk wilayah Jabodetabek, lalu gratis ongkir senilai Rp10.000 untuk seluruh Indonesia di luar wilayah Jabodetabek, dengan minimum pembelanjaan Rp30.000.

Baca Juga: Kantongi Anggaran Rp35,7 Miliar, Pemkab Sumenep Akan Perbaiki Sembilan Titik Jalan di Delapan Kecamatan

Dikutip dari situs Antara, Jumat 2 April 2021, Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada tahun 2020 mencatat 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133 persen selama pandemi.

Bagi para pelaku sektor logistik e-commerce, mampu bertumbuh dengan cepat saat masa pandemi, dalam keterangan Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) saat masa pandemi bisa mencapai hingga 18,1 persen.

Pada tahun 2020, seluruh layanan logistik Gojek yang terdiri dari GoSend, GoKilat, dan lainnya dikabarkan mengalami pertumbuhan hingha 25 persen. Akibat dampak peningkatan kebutuhan logistik untuk pengiriman barang online dan belanja online, adanya timbal balik dari perkembangan pesat bisnis UMKM terutama pada segmen ritel yang memanfaatkan penjualan online dan e-commerce.

Baca Juga: Cek Daftar Wilayah, Sejumlah Daerah di Indonesia Diperkirakan Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin

Sejalan dengan hal tersebut, pihak GoSend menerapkan prosedur operasional standar (SOP) khusus yang sejalan dengan prinsip Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan (J3K) dari Gojek demi menjaga kesehatan mitra ataupun pelanggan dan untuk menjaga keamanan yang ada.

Tertulis di dalam SOP, bahwa mitra GoSend diwajibkan untuk menggunakan atribut pendukung seperti masker, melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, jaga jarak, juga diharuskan slelau melakukan disinfeksi kendaraan serta atribut ketika selesai digunakan. Pihak Gojek jug melarang para mitranya untuk tidak bertugas ketika suhu badannya di atas normal atau dikatakan sakit.

Baca Juga: Godzilla vs Kong, Siapa yang Punya Kotoran Lebih Besar? Inilah Jawabannya dari Sudut Pandang Sains

Berbagai penawaran yang disajikan oleh pihal Gojek dari kampanye “Dekatkan yang Jauh, Kirim yang Bermakna” ini, seperti layanan GoFood, GoRide, GoCar, GoMart, GoTix, GoPlay, dan GoClub.

Gojek dan Tokopedia sebelumnya telah berkolaborasi dalam berbagai inisiatif. Di antaranya adalah kampanye #SenangnyaInstan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengiriman hemat bagi para pengguna layanan logistik Gojek, seperti GoSend, GoSend Portal, GoBox, dan GoShop.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x