Jarak 3 Meter Bisa Membunuh, Inilah Fakta Menarik Tentang Senjata yang Dipakai Pelaku Teror Mabes Polri

- 2 April 2021, 12:38 WIB
ILUSTRASI Pistol
ILUSTRASI Pistol /Choirun Nisa/,*/PIXABAY

KABAR BESUKI - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, jenis senjata yang digunakan pelaku teror Zakiah Aini di Mabes Polri, merupakan jenis airgun berkaliber 4,5 mm.

Hal itu dipastikan setelah melakukan pendalaman dan pengecekan dari uji labfor atas sejumlah barang bukti yang ditemukan dari jasad pelaku teror tersebut.

"Dari hasil pengamatan gambar senjata yang dipergunakan pelaku jenis pistol airgun BB bullet call 4,5 mm," kata Argo lewat keterangannya, Kamis, 1 April 2021, sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Radio Sadewa.

Baca Juga: Peringati Jumat Agung, Berikut Quotes Bahasa Inggris yang Dapat Dibagikan pada Orang yang Anda Cintai

Senapan angin adalah senjata yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan peluru dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan.

Sebagian orang menganggap air gun serupa dengan airsoft gun. Namun, bila ditelisik kedua replika senjata api dengan skala satu banding satu itu memiliki banyak perbedaan.

Perbedaan pertama adalah dari mekanis keduanya. Air gun menggunakan CO2 agar tekanan peluru yang dimuntahkan cukup kuat.

Baca Juga: Gunung Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas hingga Tiga Kali dengan Jarak Luncur 1.500 Meter

Selain itu, peluru yang digunakan juga jauh berbeda. Air gun menggunakan peluru gotri (bulatan logam) sementara airsoft gun menggunakan peluru plastik. Bobot peluru airsoft gun adalah 0,4 gram. Sementara Air gun mencapai 1 sampai 1,5 gram.

Terrkait dengan penyalahgunaan airsoft gun, pihak kepolisian dapat menjerat pelanggaran ketika senjata replika tersebut digunakan untuk mengancam ataupun tertangkap tangan membawanya tanpa kejelasan.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube


Tags

Terkini