Terapi Bermain Pasir dapat Membantu Mengurangi Trauma Psikologis Bagi Anak-Anak Hingga Dewasa

- 6 April 2021, 07:51 WIB
Foto: Ilustrasi permainan pasir
Foto: Ilustrasi permainan pasir /Choirun N//Pixabay/RAMillu

KABAR BESUKI – Bermain pasir memang menyenangkan, hal ini biasanya dilakukan oleh anak-anak walau tak jarang juga orang dewasa juga suka bermain pasir. Namun ini bukanlah pasir di pantai seperti yang Anda bayangkan.

Sebuah terapi bernama sandplay merupakan salah satu terapi untuk menghilangkan trauma psikologis orang-orang yang menderita trauma akibat kekerasan, pelecehan, atau diabaikan.

Meskipun jenis terapi ini paling sering digunakan dengan anak-anak, terapi permainan pasir juga dapat membantu remaja dan orang dewasa.

Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Ternyata Tertawa dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Khususnya Paruh Baya

Saat memanfaatkan terapi ini, psikoterapis menggunakan nampan pasir untuk menilai, mendiagnosis, atau mengobati berbagai penyakit mental.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi nampan pasir juga dapat membantu meningkatkan ekspresi emosional sekaligus mengurangi tekanan psikologis yang mungkin timbul dari pembahasan peristiwa atau pengalaman traumatis.

Apa itu Terapi Sandplay?

Terapi sandplay adalah jenis terapi ekspresif non-verbal yang memanfaatkan kotak pasir, figur mainan, dan kadang-kadang air, untuk menciptakan adegan dunia rekaan sebagai cerminan dari pikiran, perasaan, dan kekhawatiran batin seseorang.

Terapi ini pada dasarnya merupakan kombinasi dari terapi bermain dan terapi seni. Terapis menyediakan nampan atau kotak berisi pasir serta berbagai mainan miniatur untuk menciptakan dunia bermain bagi klien.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Very Well Mind


Tags

Terkini

x