Mencuat Isu Pembekuan Darah Karena Vaksin AstraZeneca, BPOM Terus Pantau Evaluasi Vaksin di EMA

- 7 April 2021, 16:33 WIB
Foto: Ilustrasi gambar vaksin AstraZeneca.
Foto: Ilustrasi gambar vaksin AstraZeneca. /Dicky S//Instagram/@tvrinasional

KABAR BESUKI - Badan Pengawas Obat Eropa (EMA) berencana merevisi tinjauan keamanan vaksin COVID-19 AstraZeneca. Berbicara atas nama pribadi, seorang pejabat menyebut ada kaitan jelas antara vaksin ini dengan laporan kasus langka pembekuan darah pada penerima.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut hingga kini tak ditemukan laporan kasus pembekuan darah pasca penyuntikan vaksin AstraZeneca di Indonesia.

Akan tetapi perihal tindak lanjut dari kebijakan EMA, pihaknya masih menunggu keterangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 7 April 2021: Andin Menemukan Kaset Roy yang Menceritakan Kehamilan Elsa?

Baca Juga: Sah Menjadi Suami Istri, Simak Keromantisan dari Pasangan Pengantin Baru Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Sementara itu, Uji coba vaksin Covid-19 AstraZeneca di Inggris pada anak-anak telah dihentikan sementara menurut Universitas Oxford pada Selasa, 6 April 2021.

Saat ini regulator global tengah menilai kemungkinan kaitan penggunaan vaksin Covid-19 buatan Inggris ini dengan pembekuan darah langka pada orang dewasa.

Universitas, yang membantu mengembangkan vaksin masih dirundung kontroversi ini, menyatakan "tidak ada masalah keamanan" dalam uji coba tersebut.

Tetapi pihaknya mengakui kekhawatiran atas kemungkinan kaitannya dengan pembekuan darah, dengan mengatakan bahwa mereka sedang menunggu data tambahan dari Badan Peraturan Produk Obat dan Kesehatan Inggris (MHRA) sebelum memulai kembali studi.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x