Hippi Sambut Baik Ajakan Sandiaga Uno untuk Berkunjung ke Destinasi Wisata Lokal Daerah

- 7 April 2021, 20:19 WIB
Ilustrasi foto perahu disuatu daerah kepulauan
Ilustrasi foto perahu disuatu daerah kepulauan /A Fauzi//pixabay.com

KABAR BESUKI - Ajakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno disambut baik oleh kalangan pengusaha untuk mengunjungi wisata destinasi wisata lokal.

Agenda yang diharapkan mampu menjadi jalan alternatif untuk menggairahkan usaha kecil dan menengah (UKM) di lokasi wisata menyusul adanya kebijakan larangan mudik Lebaran.

Ketua Umum DPD Himpinan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan, "Ajakan Menteri Pariwisata untuk mengunjungi destinasi lokal menjadi alternatif menggairahkan UKM di lokasi wisata. Sekalipun hanya di kunjungi oleh masyarakat lokal diharapkan mampu mendongkrak omzet pelaku industri kreatif di daerah," dikutip dari situs Antara, pada Rabu 7 April 2021.

Baca Juga: Bentuk Bukti Cinta, Inilah Sejumlah Aksi Berbahaya Andin ‘Ikatan Cinta’ Hingga Rela Mempertaruhkan Nyawanya

Baca Juga: Serial Drama ‘Ikatan Cinta’, Aldebaran Menyelamatkan Andin dan Bikin Baper Pemirsa

Sarman menambahkan bahwa larangan mudik Lebaran tahun ini memang merupakan pukulan bagi para pelaku UKM di daerah. Pasalnya, kali ini mereka tidak akan bisa menikmati momentum mudik Lebaran di mana biasanya pemudik dari kota akan membelanjakan uangnya di daerah tujuan mudik, khususnya di lokasi-lokasi wisata di daerah.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Jakarta itu menyatakan haralannya, meski nantinya destinasi bisa tetap dibuka dan dikunjungi masyarakat setempat, hal itu akan dapat mendongkrak omzet pelaku industri kreatif di daerah.

"Minimal ada peluang bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif walaupun mungkin tidak maksimal karena pengunjung tidak datang dari luar kota," jelasnya.

Sarman juga berpesan, sekalipun nantinya tempat wisata tetap dibuka, penerapan protokol kesehatan harus tetap diperketat oleh para pengelola tempat wisata.

"Walaupun hanya dikunjungi pengunjung lokal, pengelola destinasi wisata agar tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, sehingga kita tetap mampu mengendalikan dan menekan penyebaran COVID-19," imbuhnya.

Pada sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berpesan kepada masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah supaya tidak melakukan mudik pada momentum libur lebaran tahun ini guna menekan penyebaran COVID-19.

Baca Juga: Ternyata, Penggunaan Masker Alami Dipercaya Mampu Menebalkan Rambut, Simak Ulasannya!

Pihaknya berpesan bahwa masyarakat tetap bisa mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan cara memilih destinasi yang ada di wilayah terdekat (lokal) dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Pemerintah meminta pelaku usaha tetap optimistis di tengah upaya pemerintah melakukan pelaksanaan vaksinasi guna terciptanya “herd immunity” sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif benar-benar pulih.

"Masyarakat dapat memilih destinasi yang ‘personalize’, ‘customize’, ‘localize’ dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin. 3M dan 3T ini semua dilakukan secara konsisten," jelasnya.

Baca Juga: Gerakan Tanam Sejuta Pohon, Bupati Bangkalan Ajak Warga Agar Menjaga Lingkungan

Begitu juga dengan ekonomi kreatif, masyarakat bisa dengan mengkonsumsi produk ekonomi kreatif tanah air dengan memaksimalkan platform digital dimana saat ini sudah semakin banyak pelaku ekonomi kreatif tanah air yang beralih ke platform digital.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x