Pemkab Banyuwangi Perkuat Kolaborasi dengan PTPN XII Guna Pulihkan Ekonomi Warga Perkebunan dan UMKM Coklat

- 7 April 2021, 20:42 WIB
Pemkab Banyuwangi jalin kerja sama dengan PTPN XII
Pemkab Banyuwangi jalin kerja sama dengan PTPN XII /Dicky S/./Instagram/@ipukfdani

KABAR BESUKI - Upaya Pemkab Banyuwangi mendorong pemulihan ekonomi daerah dari dampak pandemi Covid-19 terus dilakukan. Kali ini, fokus sasaran ditujukan ke warga sekitar perkebunan dan UMKM olahan cokelat. Pemkab Banyuwangi pun memperkuat kolaborasi dengan PT Perkebunan Nusantara XII.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, kolaborasi dengan PTPN XII dilakukan untuk mendorong pemberdayaan warga sekitar perkebunan dan UMKM olahan cokelat sebagai mitra dari PTPN XII dalam mengembangkan komoditas tersebut di Banyuwangi. 

”Warga yang mengelola perkebunan rakyat harus terus diberdayakan. Juga UMKM-UMKM olahan cokelat. Pemulihan ekonomi jika kita kerjakan bareng-bareng pasti lebih mudah dan cepat. PTPN XII sebagai bagian dari keluarga besar BUMN saya yakin bisa menjadi bagian penting dalam pemulihan ekonomi Banyuwangi," kata Ipuk, Selasa, 6 April 2021. 

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat? Antara Teh Hijau dengan Teh Hitam, Studi Ungkap Manfaat Keduanya

Baca Juga: Hippi Sambut Baik Ajakan Sandiaga Uno untuk Berkunjung ke Destinasi Wisata Lokal Daerah

Baca Juga: Bentuk Bukti Cinta, Inilah Sejumlah Aksi Berbahaya Andin ‘Ikatan Cinta’ Hingga Rela Mempertaruhkan Nyawanya

Ipuk telah bertemu dengan Direktur Utama PTPN XII Siwi Peni dalam Festival Doesoen Kakao yang digelar akhir pekan lalu. Doesoen Kakao merupakan destinasi ”rumah coklat” yang berada di Perkebunan Kendeng Lembu, Glenmore, Banyuwangi.

Banyuwangi sendiri telah dikenal lama sebagai salah satu penghasil cokelat terbaik dunia, dan Perkebunan Kendeng Lembu adalah salah satu penghasil cokelat unggulan. Kakao dari Banyuwangi, sebagai bahan baku cokelat, telah rutin dikirim ke sejumlah negara, mulai dari Jepang, Jerman, Perancis, Italia, Amerika Serikat, Malaysia,  Singapura, dan negara lainnya.

Selama ini cokelat Banyuwangi lebih banyak dikirim untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Kini selain ekspor, bahan baku dari perkebunann di Banyuwangi juga dioptimalkan untuk untuk kebutuhan UMKM olahan cokelat.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x