Dilarang Mudik! 333 Titik Penyekatan Jalur Mudik Disiapkan Polri dari Lampung hingga Bali

- 9 April 2021, 10:59 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono. /Dok. Tribatanews.polri.go.id

KABAR BESUKI - Sebelumnya, Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati menyebut Kemenhub telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 13 tahun 2021 tentang larangan mudik lebaran.

Adapun, aturan tersebut mengatur larangan operasional transportasi mulai dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021, mendatang. Hal ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Polri kan menyiapkan 333 titik penyekatan jalur mudik yang tersebar mulai dari Lampung hingga Bali.

Baca Juga: Cara Jitu Lepas dari Hubungan Toxic, Pertengkaran dan Kekerasan, Jangan Sampai Terjadi pada Anda

Dikarenakan, hampir di setiap hari libur panjang ataupun nasional angka kasus Covid-19 meningkat drastis, Kakorlantas Polri, irjen Pol Istiono menerangkan penyekatan jalur mudik dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah untuk menerapkan larangan mudik Lebaran 2021 nanti. 

“Polri tentunya akan melakukan operasi kemanusiaan ketupat 2021. Yang mana operasi tersebut akan mengedepankan tindakan persuasif serta humanis dari anggota Polri. Rencananya, operasi tersebut akan digelar di 34 provinsi, dimana kita juga akan memedomani salus populi suprema lex esto atau keselamatan rakyat memiliki hukum tertinggi,” ujar Istiono dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual melalui akun YouTube Sekretariat Negara, Jumat 9 April 2021.

Dilansir dari PMJNEWS, Istiono juga menguraikan bahwa Polri akan menyiapkan ratusan titik penyekatan jalur serta membuat pos pemeriksaan di tiap daerah.

Lanjut Istiono mengatakan, penyekatan jalur di 333 titik khususnya dititik utama mulai dari Lampung hingga Bali. Sebab hal itu merupakan bagian titik mobilisasi utama.

Baca Juga: Dilarang Mudik, Ini Daftar Wilayah Warga Dibolehkan Berpergian Saat Lebaran

“Di momen ini, Polri akan menggelar dan membuat penyekatan jalur di 333 titik, khususnya di titik utama mulai dari Lampung hingga Bali. Itu merupakan bagian titik mobilisasi utama yang mana kita harus lakukan penyekatan selain adanya check point yang juga kita bangun. Nantinya, titik penyekatan jalur tersebut akan dibangun di perbatasan daerah baik provinsi atau kabupaten/kota untuk mengantisipasi mudik,” lanjutnya.

Adapun akan dilakukan sebuah operasi keselamatan pada 12-27 April mendatang dengan tujuan untuk mensosialisasikan masyarakat secara luas terkait peniadaan mudik Lebaran.

Baca Juga: Setelah Rilis Edaran Satgas, Kini Menhub Terbitkan Aturan Transportasi Selama Masa Idul Fitri

“Sebelum pelaksanaan operasi ketupat nanti, kita juga akan melakukan operasi keselamatan pada 12-27 April mendatang. Operasi ini bertujuan untuk mensosialisasikan masyarakat secara luas terkait peniadaan mudik Lebaran. Selain sosialisasi, kita juga akan membagikan masker, menyediakan layanan rapid antigen gratis hingga kegiatan sosial lainnya ya. Intinya untuk membangun kesadaran masyarakat agar tidak mudik,” pungkasnya.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: PMJ News


Tags

Terkini

x