Mengejutkan! Geolog Temukan Jejak Gunung Api Purba di Tulungagung

- 10 April 2021, 17:26 WIB
Ilustrasi gunung di Indonesia
Ilustrasi gunung di Indonesia /Aini/pexels/Nick Wehrli

KABAR BESUKI - Sejumlah geolog menemukan bukti adanya jejak kawah gunung api purba saat meneliti 10 geopark baru yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, ke Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

"(Di Tulungagung) Kami memang menemukan banyak calon geosite yang sangat menarik secara geologis," kata Ketua Tim Survei Geologi dari Kementerian ESDM Dida Yurnaldi, di Tulungagung, yang dilansir dari Antara, Sabtu, 10 April 2021.

Salah satu geosite yang menarik perhatian tim geologi ini adalah keberadaan gunung api purba di sekitar wilayah Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Lokasinya ada di selatan kota, tepatnya di sekitar Gunung Budeg.

Baca Juga: Breaking News: Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Kabupaten Malang, Tidak Berpotensi Tsunami

Baca Juga: Akibat Gempa, Jaringan Listrik di Malang Selatan Padam Serta Banyak Rumah Warga Rusak

Baca Juga: Gempa Bumi 6,7 SR Guncang Malang dan Sekitarnya, Warga Setempat Panik

Secara kasat mata jejak gunung api purba ini sudah tidak menyerupai jejak kawah, melainkan hanya deretan gunung batu yang menonjol di permukaan bumi.

Jejak kawah purba ini baru terlihat saat dilihat dari citra satelit, dimana dereten gunung batu nan tandus terlihat membentuk hampir setengah lingkaran di sisi timur.

Sementara sisi barat atau sekitar 65 persen berupa atanah datar yang didominasi area persawahan dan permukiman penduduk.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x