Sambut Ramadhan, Banyuwangi Gelar 'Festival Halal' Sajikan Makanan dan Minuman Halal

- 11 April 2021, 15:23 WIB
Festival halal di Banyuwangi./Instagram/@isyamsyamsi
Festival halal di Banyuwangi./Instagram/@isyamsyamsi //Dicky Septiawan/

KABAR BESUKI - Berbagai upaya menggerakkan ekonomi terus dilakukan Pemkab Banyuwangi. Menjelang Ramadan, digelar festival yang menyajikan berbagai produk makanan-minuman halal di kawasan wisata Pantai Marina Boom, Sabtu-Minggu (10-11 April 2021).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar terhadap perkembangan produk halal.

"Tren halal ini terus berkembang di dunia. Bahkan sejumlah negara non muslim pun, sesudah mulai fokus mengembangkan industri wisata halal untuk meraih wisatawan. Pemerintah pusat memperkirakan bahwa pertengahan tahun ini pariwisata dunia mulai bergerak seiring dengan proses vaksinasi yang telah berjalan. Kami di daerah harus mulai menyiapkan diri untuk ini," kata Ipuk. 

Baca Juga: Khasiat Jahe Merah, Menguatkan Daya Imun Tubuh hingga Meringankan Penderita Virus Covid-19

Festival, kata Ipuk, dirancang sebagai upaya untuk menggerakkan kembali roda perekonomian warga. Sekaligus ajang untuk memperkuat kesiapan produk-produk halal khususnya pelaku UMKM guna mengantisipasi kunjungan wisatawan.  

"Bukan sekedar festival. Lewat festival ini sekaligus mengajak sejumlah pihak sama-sama memberikan penguatan produk daerah dalam mendorong pengembangan wisata di Banyuwangi," kata Ipuk.

Dia menjelaskan, setiap festival harus dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari menjaga jarak antar stan UMKM, pemakaian masker dan handsanitizer bagi tiap individu, hingga meminimalisasi pembayaran secara tunai dengan sistem non tunai.

Baca Juga: Kenakan Baju Adat Jawa Abash dan Jeje Pamer Photoshoot, Netizen: Semoga Langgeng Sampai Hari H nya

“Inshaallah aman. Tentunya, pelaksanaan harus memenuhi syarat disiplin pada protokol kesehatan. Kami ingin ekonomi bergerak, tapi warga tidak lalai menjalankan prokes covid-19,” kata Ipuk.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x