Kementan Pastikan Stok Sembako Aman Selama Ramadhan Hingga Idul Fitri, Masyarakat Dihimbau Tak Usah Khawatir

- 12 April 2021, 16:10 WIB
Ilustrasi pangan.
Ilustrasi pangan. /Photo Mix/pixabay

KABAR BESUKI – Untuk saat ini, masyarakat tidak perlu khawatir soal ketersediaan kebutuhan pangan. Hal ini karena Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi memastikan pasokan pangan cukup sepanjang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri.

"Mulai dari beras, jagung, kedelai, bawang putih, bawang merah, aneka macam cabai, daging, ayam, telur, minyak goreng, gula pasir, secara nasional mencukupi. Masyarakat tidak perlu khawatir," katanya dalam dialog virtual "Ketersediaan Pangan Jelang Ramadhan dan Lebaran", sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA pada 12 April 2021

Agung juga memastikan ketersediaan pangan sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini aman karena pasokan mencukupi hingga Mei mendatang.

Baca Juga: Mantan Kapolres Jakpus Buka Suara Terkait Tidak Dibubarkannya Acara Rizieq Shihab di Petamburan

"Dalam kalkulasi kami sementara ini, ketersedian (pangan) sampai Mei 2021 hampir semua mencukupi," ujar Agung.

Dalam hal ini, Ia mengakui ada beberapa komoditas yang sebagian ketersediaannya masih dipenuhi dari impor, seperti bawang putih, daging sapi, dan kerbau, juga gula pasir.

Namun pemerintah telah berkoordinasi agar pasokan komoditas tersebut bisa masuk ke Indonesia sesuai target.

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin Menko Perekonomian, diputuskan bahwa impor bawang putih hingga Mei 2021 mencapai 202 ribu ton, daging kerbau dan sapi sebanyak 111 ribu ton, dan gula pasir sebesar 796 ribu ton.

Baca Juga: Grebek Prostitusi Online di Bogor, Polisi Berhasil Ciduk Mucikari Berusia 17 Tahun dan 1 Penyedia Kamar

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x