Kemendikbud Luncurkan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Simak Jadwal Pendaftarannya Berikut

- 12 April 2021, 17:16 WIB
Poster peluncuran Pertukaran Mahasiswa Merdeka/Twitter/Kemdikbud_RI
Poster peluncuran Pertukaran Mahasiswa Merdeka/Twitter/Kemdikbud_RI //Gisell/

KABAR BESUKI - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengumumkan sebuah program pertukaran mahasiswa yang bernama Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Program ini merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) di Tanah Air.

“Selama satu semester mahasiswa akan pindah dari satu pulau ke pulau lainnya untuk mengeksplorasi keragaman budaya daerah tujuannya, memperkenalkan kebudayaan asalnya, dan mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi penerima,” ujar Nadiem yang dipantau secara daring di Jakarta, sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA pada 12 April 2021.

Baca Juga: Viralnya Barang yang Dikenakan Andin di Sinetron ‘Ikatan Cinta’ Hingga Menjadi Tren Fashion di Tanah Air

Program tersebut merupakan pertukaran mahasiswa yang dilakukan melalui perpindahan antarpulau. Selama satu semester mengikuti program tersebut, mahasiswa akan mendapatkan konversi sebanyak 20 SKS.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini dapat diikuti oleh mahasiswa dari semester tiga hingga delapan.

“Kami menghimbau ibu dan bapak pimpinan perguruan tinggi dan dosen untuk mendorong mahasiswanya yang berada di semester tiga sampai semester akhir mendaftar sebagai peserta program pertukaran mahasiswa merdeka untuk mengikuti sejumlah aktivitas berbagi dan saling mengenal antara satu daerah dengan daerah lainnya guna belajar keragaman kebudayaan Indonesia sembari meningkatkan kompetensi akademik,” ujarnya.

Baca Juga: 7 Titik Rayon Disiapkan Polda Jatim Guna Menertibkan Arus Mudik Lebaran 2021

Dalam program tersebut, selama satu semester mahasiswa akan pindah dari satu pulau ke pulau lainnya untuk mengeksplorasi keragaman budaya daerah tujuannya, memperkenalkan kebudayaan asalnya, dan mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi penerima.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x